Friday, February 19, 2016

Burung Raksasa Gastornis Berkepala Kuda di Kutub Utara

Penelitian ~ Lebih dari 50 juta tahun lalu sekelompok burung dengan kepala raksasa berkeliaran rawa Kutub Utara yang rutin bermigrasi ke Amerika Utara selama musim dingin.

Burung raksasa berkepala seukuran kuda dan tidak bisa terbang yang dikenal sebagai Gastornis berkeliaran di Artik 53 juta tahun lalu ketika padang gurun dingin lebih seperti rawa.

Di Pulau Ellesmere bagian atas lingkaran Arktik terbaring kerangka burung setinggi 2 meter kaki dan berat beberapa ratus kilogram bahwa kehadiran di Kutub Utara rutin dilakukan selama musim panas.

"Saya tidak menyangka spesimen Wyoming dari spesimen Ellesmere, meskipun berjarak 4.000 km di utara," kata Thomas Stidham, paleontolog Chinese Academy of Sciences di Beijing.

Beberapa pertanyaan lebih dari perilaku Gastornis bahwa burung raksasa mungkin bermigrasi ke selatan selama musim dingin di Kutub Utara di mana kegelapan menyelubungi selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Ada perdebatan cukup lama apa yang mereka makan. Kepala besar membual rahang perkasa kuat yang menteorikan ke dalam klasifikasi predator, tapi ilmuwan lain menyarankan herbivora yang memanen kacang dan biji-bijian.

Burung lain sebelumnya ditemukan di Amerika Utara yaitu Presbyornis tampak seperti bebek laut dengan kaki crane panjang menghabiskan musim dingin dalam beku Arktik minus 40C.

Pulau Ellesmere Kanada adalah pulau terbesar ke-10 di dunia dan terletak berdekatan dengan Greenland. Terbelah dengan fjord dan melekat pada es besar, Ellesmere salah satu terdingin, paling kering dan paling terpencil di Bumi.

Tapi selama Eosen 53 juta tahun lalu Antartika masih melekat Australia dan suhu global luar biasa hangat yang berarti dunia sebagian besar bebas es dengan jajaran pakis dan kolam kering di beberapa tempat.

Pulau Ellesmere tercakup rawa lebih jauh ke selatan di Amerika Serikat sebagai rumah kura-kura, buaya, primata kemudian kuda nil dan badak bahkan mamalia berukuran besar.

Sementara kera dan buaya tidak akan kembali ke Ellesmere dalam waktu dekat, para ilmuwan mengatakan temuan Gastornis memberikan pemahaman yang lebih baik konsekuensi perubahan iklim.

Jurnal : Thomas A. Stidham & Jaelyn J. Eberle. The palaeobiology of high latitude birds from the early Eocene greenhouse of Ellesmere Island, Arctic Canada, Scientific Reports, 12 February 2016, DOI:10.1038/srep20912
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment