Langsung ke konten utama

Atmosfer Sianida Exoplanet Bumi Super 55 Cancri e

Penelitian ~ Pertama kalinya teleskop Hubble mendeteksi gas di atmosfer Bumi super mengorbit bintang alien yang meletakkan teori kalibrasi molekul permukaan.

Pertama kali pengukuran langsung Bumi super meskipun tidak semangat rencana liburan berkunjung ke dunia membara dekat bintang host yang membakar suhu 2000 Celcius dan atmosfer asam sianida seperti planet gas raksasa.

Exoplanet 55 Cancri e adalah dunia 2 kali ukuran Bumi dan massa 8 kali dengan kalender setahun 18 jam berpegang pada sejumlah besar hidrogen dan helium dari nebula dari mana terbentuk.

Para ilmuwan melaporkan analisis data yang menguji scan cepat bintang menggunakan kamera lebar Hubble bervariasi di seluruh panjang gelombang berbeda selama transit planet kaya unsur ringan.

"Kami melaporkan analisis dua pengamatan spektroskopi baru super-Bumi 55 Cancri e di dekat inframerah menggunakan kamera WFC3 onboard HST," kata Angelos Tsiaras, astronom University College London, dan rekan.

"Sangat menarik karena pertama kalinya kami mampu menemukan sidik jari spektral yang menunjuk gas hadir pada atmosfer super-Bumi," kata Angelos Tsiaras.

Para astronom percaya Bumi super adalah planet paling melimpah di galaksi Bima Sakti dan 55 Cancri e menjadi contoh eksotis dalam teori pembuktian dari kedipan bias bintang host untuk mendeteksi atom di permukaan.



Bintang 55 Cancri duduk 40 tahun cahaya dari Bumi dan sangat terang juga dikenal sebagai Copernicus bagian konstelasi Cancer. Ketika sebuah planet membuat transit ke depan, gerhana menurunkan cahaya 1% di semua warna.

Seluruh planet memiliki sinyal tidak tergantung pada panjang gelombang, tapi jika planet memiliki atmosfer, panjang gelombang cahaya berubah. Gas menyaring cahaya dan sinyal meredup 0,001%.

Sementara contoh lain GJ 1214b dalam beberapa detail lebih datar bisa menunjuk awan atau atmosfer yang mungkin mengandung molekul lebih berat seperti air sebagaimana laporan sebelumnya.

Sumber : A. Tsiaras et al. Detection of an atmosphere around the super-Earth 55 Cancri e, arXiv, last revised 7 Feb 2016, arXiv:1511.08901

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…