Skip to main content

Aplikasi MyShake Deteksi Gempa Bumi dari Smartphone

Penelitian ~ Aplikasi baru menempatkan detektor gempa Bumi di saku Anda. Teknologi smartphone memanfaatkan aplikasi MyShake untuk melacak getaran gempa.

Jika Anda perlu untuk mendeteksi gempa Bumi, ada sebuah aplikasi untuk itu. Seismolog memanfaatkan motion-sensing accelerometer yang dibangun ke dalam smartphone untuk mendeteksi getaran.

Aplikasi MyShake pada akhirnya memberikan peringatan dini mendekati gempa di daerah luar jaringan seismometer canggih. Ponsel tidak hanya mengumpulkan data tetapi juga mengeluarkan peringatan.

Gerakan tanah destruktif mengambil waktu untuk keluar dari episentrum gempa besar yang berarti orang-orang di lokasi bisa menerima peringatan penting beberapa detik dari ponsel mereka.

MyShake telah dikerahkan sebelum April 2014 saat gempa Nepal, sistem menyediakan 20 detik peringatan sebelum gempa melanda Kathmandu di mana sebagian besar korban jiwa jatuh.



Para ilmuwan pekan lalu melaporkan hasil uji aplikasi dengan menempatkan smartphone di meja bergetar meniru temblor nyata. MyShake akurat merekam kekuatan 5 skala richter atau di atasnya yang berjarak 10 kilometer dari pusat gempa.

"Hanya beberapa detik peringatan yang Anda butuhkan untuk segera tiarap berlindung dan bertahan," kata Richard Allen, seismolog University of California Berkeley.

"Para ilmuwan sosial memberitahu kami tentang gempa Bumi terakhir, jika semua orang berlindung di bawah meja yang kokoh, perkiraan jumlah korban cedera ditekan mejadi 50%," kata Allen.



Aplikasi menggunakan algoritma canggih untuk menganalisis semua getaran yang berbeda muncul onboard telepon. Algoritma dilatih membedakan antara gerakan manusia sehari-hari dan situasi khusus ketika gempa.

Setelah dipicu, MyShake mengirimkan pesan ke server pusat melalui jaringan seluler. Hub menghitung lokasi dan ukuran gempa. Error positif disaring karena server terhubung ke stasiun seismik dan GPS monitoring ribuan ponsel lainnya.

Jurnal : Qingkai Kong et al. MyShake: A smartphone seismic network for earthquake early warning and beyond, Science Advances, DOI:10.1126/sciadv.1501055

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…