Tuesday, February 16, 2016

Bunga Strychnos electri Tanaman Asterids Dunia Baru

Penelitian ~ Damar sempurna mengawetkan tanaman cantik New World yang relatif lama hilang dari tanaman modern termasuk bunga matahari, kopi, paprika, kentang dan mint.

Batuan yang dientaskan dari tambang di Republik Dominika ke atas panggung bukti pertama bahwa leluhur kelompok besar asterids yang terdiri dari 80.000 spesies bergegas mencapai Dunia Baru antara 15 hingga 45 juta tahun lalu.

Ratna mustika memuliakan spesies baru Strychnos electri ketika tertiup angin sebagai dokumen tertua leluhur aster yang sangat mirip kerabat modern dan erat terkait genus inheren beracun yaitu strychnine dan curare.

Jika herbivora mencoba mengunyah, materi kimia menghidupkan novel dengan menguncang impuls saraf yang mengatur kontraksi otot, agitasi dan gelisah, sesak nafas kemudian leher ditarik ke belakang dan berakhir mati lemas.

Asterids mengisi akun sepertiga dari semua tanaman berbunga, dua kelompok utama lainnya rosids termasuk mawar dan kacang-kacangan kemudian monokotil terutama anggrek, rumput dan pohon.

Credit: George Poinar

Getar damar kuning panjang kurang dari 2 cm berisi 5 kelopak mekar dari tepi tanduk terompet seperti bunga dengan 5 kepala mengarah ke atas sementara poros pusat adalah gaya dengan stigma di puncak untuk menangkap serbuk sari.

Beberapa serbuk sari terawetkan meskipun terlalu terdegradasi jika diupayakan penyerbukan silang dengan kerabat modern untuk merealisaikan perkawinan lintas umur geologi dalam ide Jurassic Park.

Para ilmuwan melaporkan dua spesimen bunga yang mendarat di resin pada suatu waktu antara 15 dan 30 juta tahun lalu sebagai anggota keluarga yang meliputi kentang, tomat, tembakau, petunia dan kopi seolah-olah baru jatuh dari pohon.

"Spesimen indah sempurna mengawetakan bunga dari satu titik waktu ditanggung tumbuhan hidup di hutan tropis diantara pepohonan, tanaman merambat, rumput dan vegetasi lainnya," kata George Poinar, entomolog Oregon State University.

Credit: George Poinar

"Spesies dari genus Strychnos hampir semua beracun. Beberapa lebih beracun dari lainnya dan mungkin mereka sukses karena racun adalah pertahanan melawan herbivora," kata Poinar.

Resin mengeras terkenal memerangkap hewan dan jaringan tanaman, tetapi spesimen utuh dan sempurna jarang terjadi. Poinar membawa 500 sampel fosil dari tambang setelah kunjungan lapangan pada tahun 1986.

Jurnal : George O. Poinar Jr & Lena Struwe. An asterids flower from neotropical mid-Tertiary amber, Nature Plants, 15 February 2016, DOI:10.1038/nplants.2016.5
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment