Friday, February 12, 2016

Cyanobacteria Gunakan Sel Bola Mata Lensa Mikroskopis

Penelitian ~ Cyanobacteria gunakan bola mata mikroskopis untuk melihat. Sianobakteria bertindak sebagai bola lensa mikro yang memungkinkan sel melihat sumber cahaya dan bergerak.

Cyanobacteria ditemukan di seluruh habitat air tawar dan laut Bumi yang kadang-kadang dianggap ganggang tetapi sebenarnya bakteri pemakan karbon dioksida dan produsen oksigen mampu melihat cahaya.

Spesies Synechocystis sebagai mikroorganisme bola bersel tunggal lebar 3 per 1000 dari 1 milimeter yang ditemukan secara alami di danau dan sungai memiliki indera penglihatan menuju arah datangnya cahaya.

Sementara manusia menggunakan 100 juta sel peka cahaya untuk melakukannya, Synechocystis bergerak menuju sumber cahaya yang bersinar dari satu sisi bahwa cyanobacteria dapat mengindera ke mana cahaya hanya menggunakan satu sel.

Tidak seperti beberapa bakteri, Synechocystis tidak mampu berenang, tetapi merangkak di permukaan memberi kemampuan untuk pindah ke tempat di mana kondisi cahaya lebih baik.

Karena Synechocystis perlu sinar Matahari untuk menghasilkan energi, penginderaan penting untuk menemukan tempat-tempat sumber cahaya yang tidak terlalu lemah atau terlalu kuat.

Sel-sel bakteri mampu melakukan karena sel tubuh bertindak seperti sebuah lensa. Cahaya yang memukul permukaan bola membias menjadi titik di sisi lain memicu gerakan sel jauh ke tempat yang terfokus.



Dalam beberapa menit, bakteri tumbuh struktur tentakel seperti pili yang menjangkau ke arah sumber cahaya. Ketika menempel pada permukaan, mereka menarik kembali dan mendorong bakteri bersama.

"Fakta bakteri menanggapi cahaya adalah salah satu pengamatan ilmiah tertua. Bakteri adalah benda optik cukup jelas dalam litelatur," kata Conrad Mullineaux, biolog Queen Mary University di London.

"Tapi kami tidak pernah yakin sampai melihat sendiri dan belum ada orang lain melihat itu sebelumnya, meskipun para ilmuwan telah melihat di bawah mikroskop 340 tahun terakhir," kata Mullineaux.

Jurnal : Nils Schuergers et al. Cyanobacteria use micro-optics to sense light direction, eLIFE, DOI:10.7554/eLife.12620
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment