Skip to main content

Ekologi Hiu Banteng (Carcharhinus leucas) di Great Barrier Reef

Penelitian ~ Kehidupan rahasia Hiu Banteng (Carcharhinus leucas) di Great Barrier Reef terungkap pelacakan radio. Tak hanya di terumbu karang, mereka juga menuju pesisir.

Hiu Banteng tidak hanya menghabiskan banyak waktu di terumbu karang karena mereka juga berenang jarak jauh ke pantai timur Australia di musim panas untuk melahirkan.

Para ilmuwan melaporkan hasil penelusuran ekologi Great Barrier Reef dengan sengaja menempel tag radio pada 33 Hiu Banteng dewasa untuk melacak gerakan selama 2 tahun.

"Banyak kejutan ketika kami mulai menangkap Hiu Banteng dan kami pikir ini umum dan penting ke mana mereka pergi," kata Mario Espinoza, enviromentalis James Cook University di Queensland.

Sebuah array hampir 300 penerima akustik yang membentang dari pusat Great Barrier Reef dekat Townsville ke muara Clarence River di utara New South Wales. Data ditangkap setiap berenang 350 meter dari penerima.

"Hiu Banteng dewasa sebenarnya sangat umum di terumbu karang lepas pantai Great Barrier Reef, yang mengejutkan pesisir digunakan habitat dan tidak menghabiskan banyak waktu di terumbu karang," kata Espinoza.



Jurnal : Mario Espinoza et al. Evidence of Partial Migration in a Large Coastal Predator: Opportunistic Foraging and Reproduction as Key Drivers?, PLoS ONE, DOI:10.1371/journal.pone.0147608

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…