Skip to main content

Ekologi Hiu Banteng (Carcharhinus leucas) di Great Barrier Reef

Penelitian ~ Kehidupan rahasia Hiu Banteng (Carcharhinus leucas) di Great Barrier Reef terungkap pelacakan radio. Tak hanya di terumbu karang, mereka juga menuju pesisir.

Hiu Banteng tidak hanya menghabiskan banyak waktu di terumbu karang karena mereka juga berenang jarak jauh ke pantai timur Australia di musim panas untuk melahirkan.

Para ilmuwan melaporkan hasil penelusuran ekologi Great Barrier Reef dengan sengaja menempel tag radio pada 33 Hiu Banteng dewasa untuk melacak gerakan selama 2 tahun.

"Banyak kejutan ketika kami mulai menangkap Hiu Banteng dan kami pikir ini umum dan penting ke mana mereka pergi," kata Mario Espinoza, enviromentalis James Cook University di Queensland.

Sebuah array hampir 300 penerima akustik yang membentang dari pusat Great Barrier Reef dekat Townsville ke muara Clarence River di utara New South Wales. Data ditangkap setiap berenang 350 meter dari penerima.

"Hiu Banteng dewasa sebenarnya sangat umum di terumbu karang lepas pantai Great Barrier Reef, yang mengejutkan pesisir digunakan habitat dan tidak menghabiskan banyak waktu di terumbu karang," kata Espinoza.



Jurnal : Mario Espinoza et al. Evidence of Partial Migration in a Large Coastal Predator: Opportunistic Foraging and Reproduction as Key Drivers?, PLoS ONE, DOI:10.1371/journal.pone.0147608
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.