Skip to main content

Robot Kecoa Kompresibel Menembus Rongga Sempit

Penelitian ~ Robot terinspirasi kecoa dapat bergoyang melalui ruang rapat. Robot Periplaneta americana mampu merangkak di celah karena badan kompresibel.

Serangga adalah hewan paling sukses di Bumi yang mengeksploitasi hampir di mana-mana dan Anda harus memiliki inspirasi bagaimana membuat sebuah robot dapat melakukan hal yang sama.

Para ilmuwan merancang robot seukuran telapak tangan terinspirasi kecoa Periplaneta americana. Kokoh dan tersegmentasi setinggi 12 milimeter mampu menembus ruang setinggi 4 milimeter dan menahan himpitan 900 kali berat tubuh sendiri.

"Mereka dapat berlari cepat melalui celah seperempat inci dengan reorientasi kaki benar-benar keluar ke samping," kata pemimpin Kaushik Jayaram, biolog University of California Berkeley.

"Tinggi sekitar setengah inci ketika berjalan secara bebas tetapi dapat squish tubuh hingga sepersepuluh inci. Setinggi dua uang ditumpuk," kata Jayaram.

Versi robot baru adalah Compressible Robot with Articulated Mechanisms (CRAM) yang memiliki selubung lipatan plastik banyak berlapis dan tulang belakang fleksibel.



Kerangka eksternal memungkinkan bot mengecil 7,5 sampai 3,5 sentimeter di area terbatas. Enam kaki juga meniru posisi kaki kecoa ketika merayap melalui ruang luas atau sempit.

"Ini prototipe, tapi menunjukkan kelayakan arah baru penggunaan model yang paling efektif untuk soft robot yaitu hewan dengan exoskeleton," kata Robert Full, biolog University of California Berkeley.

Versi masa depan suatu hari nanti digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan, menavigasi dalam puing-puing akibat gempa atau ledakan dalam mencari korban selamat.
Cockroaches traverse crevices, crawl rapidly in confined spaces, and inspire a soft, legged robot

Kaushik Jayarama and Robert J. Full

Proceedings of the National Academy of Sciences, February 8, 2016, DOI:10.1073/pnas.1514591113

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…