Tuesday, February 9, 2016

Bola Elastis Melompat Sempurna di Permukaan Air

Penelitian ~ Lompatan batu jauh ke luar lab. Rahasia memastikan batu melompat sempurna di permukaan air terbuat dari material lebih daripada batu biasa.

Ketika batu memantul beberapa kali di permukaan air menawarkan wawasan baru ke dalam dampak fisika air yang penting dalam studi untuk berbagai aplikasi angkatan laut dan rekayasa maritim.

Para ilmuwan melakukan hal yang menyenangkan ketika masih anak-anak atau keponakan melihat dampak sudut elastis dalam gerakan lambat dan bertanya-tanya mengapa mainan melompat di air begitu baik.

"Secara umum, saya selalu menemukan bahwa keingintahuan kekanak-kanakan sering menghasilkan penemuan mendalam," kata Tadd Truscott, fisikawan Utah State University.

Para peneliti mengirim bola elastis yang memantul di tangki air dan menangkap gerak dengan kamera kecepatan tinggi bahwa jenis terbaik material untuk membuat bouncing tidak kaku seperti batu, tapi lembut dan elastis.

Benda keras menggunting ke dalam air. Tapi bola elastis ketika menyentuh air, deformasi membentuk disk untuk dirinya sendiri dan melompat dari permukaan air ke permukaan berikutnya.

Truscott dan rekan juga memprediksi berapa banyak lompatan dari lemparan yang diberikan yang berguna dalam strategi bom, olahraga ski air atau kapal dan mengapung.




Elastic spheres can walk on water

Jesse Belden et al.

Nature Communications, 04 February 2016, DOI:10.1038/ncomms10551
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment