Monday, February 8, 2016

Perilaku Pembaca Berita Online Prediksi Pergerakan Saham

Penelitian ~ Perilaku membaca online memprediksi pergerakan saham. Data real-time menyediakan alat untuk memantau pasar dan memperingatkan krisis keuangan.

Pola penelusuran web ketika orang membaca berita keuangan dapat digunakan untuk membuat prediksi akurat pergerakan saham beberapa menit sampai sehari sebelumnya.

Jika dilakukan pengembangan lebih lanjut, teknik baru berguna bagi otoritas keuangan karena mereka secara alamiah memantau pasar dan berusaha untuk menangkis munculnya krisis.

Para ilmuwan menduga bahwa prediksi orang atas saham lebih mungkin dilakukan berdasarkan sentimen positif atau negatif yang diungkapkan dalam sebuah artikel tentang perusahaan tertentu.

Indikator kunci lain berapa banyak orang benar-benar mengklik link dalam artikel-artikel sebagai tanda pengaruh sosial dan berapa banyak pembacanya menaruh perhatian.

Gabriele Ranco, fisikawan IMT Institute for Advanced Studies di Lucca, Italia, dan rekan menggunakan data tahun 2012 dan 2013 portal online berita keuangan Yahoo! Finance.

“Revolusi digital mengubah kemampuan kita memahami masyarakat dan peramalan hasil dari banyak sistem sosial dan ekonomi,“ kata Ranco dan rekan.

“Sayangnya, informasi bisa sangat heterogen dalam relevansi dan mempengaruhi kekuatan prediksi metode semantik dan statistik,“ kata Ranco dan rekan.

Ranco menimbang ukuran yang mencerminkan perilaku pembaca. Sampel 100 perusahaan di AS yang paling sering disebut dalam artikel berita memberi ukuran sentimen untuk setiap artikel.

Sinyal menunjuk bagaimana sentimen pada siang hari dan seberapa kuat. Para peneliti kemudian membandingkan sinyal ini dengan fluktuasi pasar sebenarnya yaitu harga, volume dan volatilitas untuk 100 saham berbeda.

Titik poin datang bahwa sinyal menawarkan kapasitas prediksi meningkat secara signifikan untuk gerakan saham bahkan pergerakan dalam waktu beberapa menit kemudian.

“Kami menunjukkan agregasi perilaku pengguna web untuk memprediksi sistem kompleks yaitu pasar keuangan,“ kata Ranco dan rekan.
Coupling News Sentiment with Web Browsing Data Improves Prediction of Intra-Day Price Dynamics

Gabriele Ranco et al.

PLoS ONE, January 25, 2016, DOI:10.1371/journal.pone.0146576
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment