Thursday, February 4, 2016

Kupu Oregramma illecebrosus Mimikri Klasik Penyerbuk Jurassic

Penelitian ~ Kupu-kupu Jurassic mendahului kupu sesungguhnya 50 juta tahun lebih tua. Oregramma illecebrosus penyerbuk kuno mendahului evolusi konvergen kupu modern.

Jika bepergian kembali ke dunia 150 juta tahun lalu, Anda menemukan taman yang akrab kupu-kupu modern menghirup nektar bunga dari satu pohon pinus dan sikas ke pohon lainnya.

Serangga kuno penyerbuk tanaman yang mendominasi lenskap Jurassic dan Cretaceous awal ketika tanaman berbunga mengambil alih sekitar 100 juta tahun lalu sebagai pemain baru mengisi peran kuno.

Para ilmuwan melaporkan spesies serangga baru bernama Oregramma illecebrosus dan mungkin bertindak seperti kupu-kupu yang mendahului literasi awal serangga bersayap 40 juta tahun.

Silsilah punah "Mata Sayap" diklasifikasikan dalam genus Kalligrammatid membanggakan sayap besar dengan mimikri plot mata burung hantu seperti terlihat pada kupu-kupu modern. Juga lidah panjang untuk mengambil nektar.

Fosil terbaring dalam deposit danau dating 165 juta tahun di timur laut China dan Kazakhstan timur melayani contoh evolusi konvergen di mana 2 spesies independen beradaptasi fitur perilaku dan anatomi serupa.


"Setelah memeriksa, kami mengurai kesamaan fisik dan ekologis mengejutkan antara fosil dan kupu-kupu modern yang berbagi nenek moyang sama 320 juta tahun lalu," kata David Dilcher, paleontolog Indiana University.

Mikroskop mengungkap bit makanan dan serbuk sari terperangkap di belalai membuka kalender Trias dan Jurassic dengan perilaku mencari makan dan kaki berbulu membawa sperma dari organ reproduksi laki-laki tanaman bunga.
The evolutionary convergence of mid-Mesozoic lacewings and Cenozoic butterflies

Conrad C. Labandeira et al.

Proceedings of the Royal Society B, 3 February 2016, DOI:10.1098/rspb.2015.2893
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment