Wednesday, February 3, 2016

Quasar Tua di Pusat Galaksi Jauh Menyalak Tiba-Tiba

Penelitian ~ Fosil quasar di galaksi jauh meletup tiba-tiba. Quasar bangkit dalam hitungan tahun yang seharusnya membutuhkan ratusan ribu dan jutaan tahun.

Peristiwa kosmik secara umum terjadi pada skala waktu panjang, tapi tidak untuk quasar yang nongkrong pusat galaksi terang ditopang lubang hitam supermasif melahap gas dan debu.

Teori menyatakan quasar menggunakan bahan bakar yang dimiliki kemudian menetap di dalam galaksi dengan tenang yang mengambil sebuah proses dalam jangka ratusan ribu tahun.

Sekarang para ilmuwan melihat quasar menyalak dalam hitungan tahun. Jadi tahun lalu ketika belasan quasar yang terlihat padam hanya ratusan hari adalah kejutan baru.

Chelsea MacLeod, astronom University of Edinburgh, Inggris, dan rekan bertanya apakah pembangkit listrik raksasa mungkin hidup lagi menggunakan data 10 tahun Sloan Digital Sky Survey (SDSS) dan Pan-STARRS.

Satu quasar tiba-tiba mnyalak dalam waktu hanya beberapa tahun, meskipun tidak jelas apakah 4 quasar lainnya bangun untuk pertama kalinya ataukah juga berkedip-kedip.

Benar-benar kejutan adalah skala waktu. Para astronom berpikir harus mengambil ribu hingga jutaan tahun menyalurkan cukup gas untuk sebuah lubang hitam supermasif yang meludah quasar.
A Systematic Search for Changing-Look Quasars in SDSS

Chelsea L. MacLeod et al

arXiv, last revised 4 Jan 2016, arXiv:1509.08393
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment