Wednesday, February 3, 2016

Orang Pagi atau Orang Malam Ditulis Dalam Kitab Genom

Penelitian ~ DNA menentukan apakah Anda orang pagi atau burung hantu. Variasi genetik tertentu mengidentifikasi gaya hidup pagi ataukah malam.

Dataset besar datang membawa peringatan terkait risiko lebih besar depresi, obesitas dan masalah kesehatan lainnya termasuk sifat-sifat yang terkait dengan narkolepsi, tidur REM berkepanjangan dan ritme sirkadian diperpanjang.

Sementara Anda harus tidur awal agar bisa bangun pagi, orang lain tidur larut malam tetap bisa bangun fajar bahwa kebiasaan bangun pagi atau bekerja hingga larut malam telah ditulis dalam kitab genetik.

Bercangkir-cangkir kopi tiada pengaruh karena segudang data genetik milik pelanggan perusahaan jasa sekuen genom 23andMe memilah 15 variasi bait dalam naskah genetik membedakan orang biasa beraktivitas pagi atau malam.

Setidaknya 7 gen terkait dalam regulasi jam tubuh atau irama sirkadian yang sebagian besar didorong oleh paparan cahaya atau paling tidak terkait relay informasi tentang cahaya ke otak.

Sementara pepatah mengatakan kualitas bangun dan tidur adalah penentu kualitas hidup, analisis mesin molekuler sirkadian menemukan lebih dari 1000 sifat berbeda dan perilaku dengan berbagai implikasi.

Para ilmuwan pekan ini melaporkan analisis statistik asosiasi genom yang membandingkan genom 90.000 individu dengan respon terhadap kuesioner apakah responden mendefinisikan diri sebagai manusia pagi atau manusia malam.

"Dengan informasi yang kami miliki, kami mengungkap genetika di balik berbagai kondisi dan mudah-mudahan pemahaman lebih baik perbedaan satu sama lain," kata David Hinds, peneliti senior di 23andMe.

23andme adalah startup berbasis di Mountain View, California, yang didanai Google dan baru-baru ini membuat kesepakatan dengan perusahaan farmasi untuk mengembangkan obat dengan target ritme sirkadian tubuh.

Suatu hari nanti manajer HRD memutuskan penerimaan pegawai berdasarkan transkip sekuen genom pelamar atau jika Anda mau menikah dan ingin pasangan yang tepat ada baiknya menjadi pelanggan 23andMe.

Konsumen adalah individu atau perusahaan yang mengirim air liur dalam botol sebagai materi analisis yang menghasilkan informasi garis keturunan, risiko kesehatan, ciri-ciri perilaku dan informasi genetik lainnya.

Sebagian besar orang pagi adalah perempuan dan berumur di atas 60 tahun yang pada umumnya membutuhkan lebih dari 8 jam tidur setiap malam dan jarang mengidap insomnia dan depresi.

Orang pagi juga cenderung memiliki BMI lebih rendah bahkan setelah dimoderasi umur dan jenis kelamin. Seorang ayah pagi kemungkinan 2,4 kali memiliki putri pagi. Anehnya, orang pagi lebih cenderung memiliki pasangan orang malam.

"Jika Anda menggabungkan informasi dari semua varian dan memberi skor bagaimana kemungkinan menjadi orang pagi atau malam lalu dibandingkan, ada perbedaan 2 kali lipat dalam probabilitas," kata Hinds.

Studi menunjukkan ritme sirkadian pribadi adalah fungsi biologis bawaan yang memprogram semua proses biologis lainnya yang bisa membantu para ilmuwan memecahkan masalah insomnia, depresi dan obesitas.
GWAS of 89,283 individuals identifies genetic variants associated with self-reporting of being a morning person

Youna Hu et al.

Nature Communications, 02 February 2016, DOI:10.1038/ncomms10448
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment