Skip to main content

Persahabatan Antar Simpanse Berdasarkan Kepercayaan

Penelitian ~ Modifikasi permainan klasik menunjuk kepercayaan adalah kunci menjalin persahabatan, tidak hanya untuk manusia, tetapi untuk simpanse (Pan troglodytes) juga.

Identifikasi dan perekrutan teman yang dapat dipercaya merupakan tantangan adaptif penting setiap spesies yang sangat bergantung pada kerjasama berdasarkan ikatan emosional dekat bahkan dalam konteks kecurangan.

Sementara para filsuf mengatakan jantung persahabatan manusia adalah kepercayaan, sekarang simpanse mendefinisikan bahwa tali persahabatan antar simpanse juga sama dan toleransi lebih rendah jika bukan sahabat.

Eksperimen rumit simpanse mengungkap berbagi camilan lezat tidak selalu dilakukan kepada pendatang baru atau kenalan belaka bahwa persahabatan sesama manusia tidak mewakili sebuah anomali dalam kerajaan hewan.

Jika Anda hanya berbagi rahasia penting kepada sahabat, simpanse menunjukkan pola sebanding dan selektif yang menunjuk karakteristik persahabatan memiliki sejarah evolusi panjang meluas ke dalam ikatan sosial primata.

Simpanse membentuk ikatan kuat yang banyak terlihat seperti persahabatan manusia, tetapi apakah kepercayaan telah memainkan peran dalam hubungan yang khusus menjadi pertanyaan lanjutan.

Empat asisten peneliti dikirim ke Sweetwaters Chimpanzee Sanctuary di Kenya dan menghabiskan 5 bulan pengamatan awal sekelompok 15 simpanse di mana menghabiskan waktu dandan, saling menyentuh dan makan bersama.

Kemudian sebuah permainan dirancang untuk mengukur kepercayaan, dua simpanse berdiri di sisi berlawanan sebuah alat yang mengelar kotak makanan. Salah satu kotak berisi 2 pisang, kotak lainnya 3 buah pisang dan 3 buah apel.

Setiap simpanse memiliki pilihan entah mengambil camilan untuk dirinya sendiri atau mengirim makanan yang lebih baik kepada lainnya. Jika ia memilih untuk bermurah hati, ucapan terima kasih datang camilan yang mewah.

"Simpanse lebih percaya teman-teman mereka dibanding bukan teman," kata Jan Engelmann, antropolog Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig.

"Kami memberi bukti evolusi bentuk kuat kepercayaan terhadap mitra sosial dekat yang memungkinkan menjalin hubungan kerjasama," kata Engelmann.
Chimpanzees Trust Their Friends

Jan M. Engelmann and Esther Herrmann

Current Biology, January 14, 2016, DOI:10.1016/j.cub.2015.11.037

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…