Monday, January 11, 2016

Sticker Silikon Elastis di Kulit Memonitor Detak Jantung

Penelitian ~ Perangkat baru memantau masalah jantung. Perangkat trendy tipis dan melar yang menempel pada kulit seperti tatto untuk memantau detak jantung.

Sticker silikon melar memonitor detak jantung semudah menempel tato temporer. Desain lay out wearable yang merenggang memonitor dan memory dapat menyimpan data denyut jantung.

Nanopartikel emas dan sirkuit silikon elastis untuk daya sensor electrocardiogram mungil kecil dikemas ultratipis menempel pada kulit cukup fleksibel menahan peregangan dan ketegangan gerakan tubuh manusia.

Perangkat diberikan kepada pasien yang perlu pemantauan terus-menerus denyut jantung seperti mereka yang menderita aritmia atau memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung.

Selain itu juga berguna bagi orang-orang yang memiliki peningkatan risiko gangguan kardiovaskular karena data seberapa cepat jantung kembali ke tingkat normal setelah terjepit merupakan indikator penting kesehatan.

Para peneliti di Korea Selatan pekan lalu melaporkan rencana membuat perangkat segera tersedia di pasar, meskipun mungkin memakan waktu beberapa tahun untuk merealisasikan manufaktur.

Tapi dalam waktu dekat, teknologi perangkat baru dapat langsung digunakan untuk memodifikasi atau memperbaiki berbagai perangkat monitor kesehatan yang sudah ada.

Beberapa tahun terakhir para ilmuwan telah mengembangkan gelang yang dapat memonitor detak jantung tetapi sering kaku dan tidak nyaman, selain juga tidak melekat di kulit cukup erat yang menggurangi akurasi.

Sebaliknya, perangkat baru sangat tipis dan elastis karena menempel pada kulit lebih dekat yang memungkinkan menghitung denyut dengan akurasi lebih tinggi dan menyimpan data yang diperoleh selama periode waktu tertentu.

Membran silikon elastis berisi nanopartikel emas dikemas erat meningkatkan kapasitas untuk penyimpanan memori jangka panjang, sensor elektrokardiogram dan amplifier memantau dalam kontak dekat dengan kulit.

Sepotong material transparan dan elastis dengan substrat karet silikon tipis melekat di kulit selama beberapa hari, tetapi modifikasi kelengketan dan ketebalan material bisa digunakan kembali beberapa kali selama satu minggu.
A wearable multiplexed silicon nonvolatile memory array using nanocrystal charge confinement

Jaemin Kim et al.

Science Advances, 01 Jan 2016, DOI:10.1126/sciadv.1501101
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment