Thursday, January 7, 2016

Lubang Hitam Telanjang di Galaksi SDSS J1126+2944

Penelitian ~ Kebanyakan galaksi memiliki lubang hitam supermasif dikelilingi awan padat bintang. Sekarang lubang hitam SDSS J1126+2944 datang telanjang.

Lubang hitam nampaknya dapat sedikit menurunkan kerling mata. Galaksi mengandung 2 lubang hitam massa menegah dengan salah satu hilang dari kerumunan muncul sebagai objek astrofisika yang sulit dipahami.

Sementara di sisi lubang hitam supermasif sebagai host galaksi, sebuah lubang hitam lain kehilangan hampir seluruh rombongannya dan tidak diketahui mengapa bintang di sekitarnya dilucuti.

Sebuah galaksi duduk sekitar 1 miliar tahun cahaya dari Bumi, SDSS J1126+2944, adalah gabungan 2 galaksi yang pertama kali terlihat tahun lalu sebagai tanda keindahan kecil aglomerasi.

Para ilmuwan melaporkan keanehan objek kosmos yang mungkin bisa menjelaskan beberapa teori evolusi lubang hitam supermasif yang umum menjabat sebagai jangkar hampir setiap galaksi besar di alam semesta.

"Saya menghabiskan karir untuk menemukan hal-hal ini dan tidak banyak yang dikenal, hanya ada 12 dikenal," kata Julie Comerford, astrofisikawan University of Colorado-Boulder.

Menemukan galaksi SDSS J1126+2944 yang berisi sepasang lubang hitam besar sangat tidak biasa. Dua galaksi menabrak satu sama lain dan hasil penggabungan menjadi satu kesatuan galaksi baru dengan dua lubang.

Tidak lama sebelum Comerford dan rekan melihat singularitas yang aneh, kecurigaan salah satu dikelilingi rombongan tebal bintang yang biasanya mengelilingi lubang hitam supermasif, tapi satu yang lain tampil telanjang.

Dideteksi NASA Chandra X-ray Observatory, keduanya terpisah pada jarak 7000 tahun cahaya, tapi yang lebih besar tampaknya memiliki 500 kali lebih banyak bintang di sekitarnya dibanding yang kecil.

Satu teori bahwa dinamika tertentu gabungan kekerasan 2 galaksi menyebabkan salah satu lubang hitam dilucuti dari bintang. Tapi asumisi menjadi peristiwa ekstrim jika lubang hitam supermasif kehilangan banyak sahabat bintang.

Gejolak selama tabrakan jutaan tahun lalu memprovokasi gravitasi untuk melucuti bintang dari lubang hitam kecil jika SDSS J1126+2944 adalah gabungan galaksi berukuran normal dengan galaksi kerdil.

Meskipun lubang hitam supermasif seberat milyaran kali massa Matahari di temukan di alam semesta, galaksi juga mengandung banyak lubang hitam kecil dengan bobot beberapa kali massa Matahari saja.

Lubang hitam massa menengah dengan kisaran 100 sampai 1 juta kali Matahari menawarkan jawaban dari data bebrapa biji objek supermasif terlihat di seluruh kosmos hari ini semacam link yang hilang dalam rantai evolusi.

Tidak banyak yang berdiri di celah besar antara kelas ringan dan kelas berat yang membingungkan para ilmuwan ketika mencoba untuk memahami evolusi lubang hitam supermasif yang terletak di jantung galaksi besar.

Lubang hitam adalah sumur untuk membuang mayat bintang runtuh yang melengkung ruang dan waktu, menjerat apa saja termasuk cahaya yang terlalu berani menyeberangi cakrawala peristiwa.

Dalam beberapa tahun terakhir para astronom mengamati langit telah menemukan beberapa lubang hitam massa menengah tapi sulit untuk mendeteksi dan mengkonfirmasi.
The Origin of Double-Peaked Narrow Lines in Active Galactic Nuclei I: Very Large Array Detections of Dual AGNs and AGN Outflows

Francisco Müller-Sanchez et al.

arXiv, Submitted on 14 Sep 2015, arXiv:1509.04291
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment