Wednesday, January 6, 2016

Kecukupan Oksigen Bukan Pendorong Munculnya Hewan

Penelitian ~ Kecukupan oksigen jauh sebelum hewan berkembang. Evolusi hewan membutuhkan waktu sangat panjang meskipun konsentrasi oksigen sudah cukup.

Bumi memiliki kecukupan oksigen untuk kehidupan hewan terjadi sebelum 1,4 miliar tahun lalu, tapi harapan evolusi pernafasan pertama kali muncul 800 juta tahun setelah kalender berlalu.

Meskipun persyaratan oksigen telah lama terpenuhi, panggung kerajaan hewan terlambat berdiri dalam sejarah Bumi karena respirasi hewan besar baru menghela nafas sekitar 600 juta tahun lalu.

Sebelum 2,3 miliar tahun lalu oksigen di atmosfer kurang dari 0,001 persen tingkat atmosfer hari ini. Kemudian sekitar 550 juta tahun lalu tingkat oksigen meningkat menjadi lebih dari 20 persen.

Tapi apa yang terjadi selama Neoproterozoic Eon yaitu 1 miliar hingga 542 juta tahun lalu adalah misteri. Kadar oksigen yang diperlukan untuk respirasi spons dan cacing di laut hanya 1 persen tingkat saat ini.

Para ilmuwan menganalisis sampel sedimen dari Formasi Xiamaling di China bahwa laut dalam selama 1,4 miliar tahun lalu setidaknya mengandung 4 persen konsentrasi oksigen modern.

"Tapi kecukupan oksigen tampaknya tidak cukup bagi peningkatan hewan," kata Emma Hammarlund, biolog University of Southern Denmark.

Sangat sulit secara tepat menentukan konsentrasi oksigen di masa lalu. Hammarlund dan rekan menggabungkan beberapa pendekatan untuk merintis metode baru dalam memahami oksigen kuno.

Distribusi jejak logam menunjuk perairan di mana pembentukan sedimen mengendapkan kandungan oksigen. Formasi Xiamaling tersimpan di zona kuno oksigen minimum mirip situs lepas pantai Chili dan Peru hari ini.

"Kolom air memiliki konsentrasi oksigen minimal 4 persn dari tingkat atmosfer saat ini. Ini harus cukup untuk eksistensi evolusi hewan," kata Don Canfield biolog University of Southern Denmark.

Peningkatan udara tidak segera memompa hewan pertama. Kenaikan konsentrasi oksigen kurang terkait dengan revolusi hewan bahwa diversifikasi tiba-tiba mungkin hasil dari banyak faktor.
Sufficient oxygen for animal respiration 1,400 million years ago

Shuichang Zhang et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, January 4, 2016, DOI:10.1073/pnas.1523449113
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment