Thursday, January 28, 2016

Pinset Akustik Untuk Memanipulasi Sel Tunggal Tiga Dimensi

Penelitian ~ Pinset akustik digunakan untuk menjebak dan memanipulasi sel tunggal tanpa menyentuh yang memberi janji metode baru untuk bioprinting 3 dimensi.

Pinset akustik menggunakan gelombang suara untuk menjebak dan memanipulasi sel tunggal untuk memisahkan, menyelaraskan, mempola dan mengangkut sel tunggal yang lembut tanpa menyebabkan kerusakan.

Perangkat mikofluida menggunakan generator gelombang akustik untuk menghasilkan gelombang suara di sepanjang tepi perangkat, para peneliti memanipulasi gelombang mana yang bertemu di sepanjang 3 sumbu.

"Jalur unik untuk memanipulasi sel biologi, akurat dan dalam tiga dimensi, tanpa perlu kontak invasif, tagging atau pelabelan biokimia," kata Subra Suresh, bioteknolog Carnegie Mellon University.

"Pendekatan ini menjanjikan kemungkinan baru untuk penelitian dan aplikasi di berbagai bidang seperti kedokteran regeneratif, neurossains, teknik jaringan, biomanufaktur dan metastasis kanker," kata Suresh.

Pada titik pertemuan ini gelombang menjebak simpul 3D yang ditangkap dari sel-sel individual kemudian memanipulasi gelombang akustik selanjutnya untuk menggerakkan sel.

Perangkat dapat menempatkan sel atau partikel dalam akurasi horizontal 1 mikrometer dan vertikal 2 mikrometer. Memindahkan partikel 10 mikrometer pada kecepatan rata-rata 2,5 mikrometer per detik.



Three-dimensional manipulation of single cells using surface acoustic waves

Feng Guo et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, January 25, 2016, DOI:10.1073/pnas.1524813113
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment