Langsung ke konten utama

Pinset Akustik Untuk Memanipulasi Sel Tunggal Tiga Dimensi

Penelitian ~ Pinset akustik digunakan untuk menjebak dan memanipulasi sel tunggal tanpa menyentuh yang memberi janji metode baru untuk bioprinting 3 dimensi.

Pinset akustik menggunakan gelombang suara untuk menjebak dan memanipulasi sel tunggal untuk memisahkan, menyelaraskan, mempola dan mengangkut sel tunggal yang lembut tanpa menyebabkan kerusakan.

Perangkat mikofluida menggunakan generator gelombang akustik untuk menghasilkan gelombang suara di sepanjang tepi perangkat, para peneliti memanipulasi gelombang mana yang bertemu di sepanjang 3 sumbu.

"Jalur unik untuk memanipulasi sel biologi, akurat dan dalam tiga dimensi, tanpa perlu kontak invasif, tagging atau pelabelan biokimia," kata Subra Suresh, bioteknolog Carnegie Mellon University.

"Pendekatan ini menjanjikan kemungkinan baru untuk penelitian dan aplikasi di berbagai bidang seperti kedokteran regeneratif, neurossains, teknik jaringan, biomanufaktur dan metastasis kanker," kata Suresh.

Pada titik pertemuan ini gelombang menjebak simpul 3D yang ditangkap dari sel-sel individual kemudian memanipulasi gelombang akustik selanjutnya untuk menggerakkan sel.

Perangkat dapat menempatkan sel atau partikel dalam akurasi horizontal 1 mikrometer dan vertikal 2 mikrometer. Memindahkan partikel 10 mikrometer pada kecepatan rata-rata 2,5 mikrometer per detik.



Three-dimensional manipulation of single cells using surface acoustic waves

Feng Guo et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, January 25, 2016, DOI:10.1073/pnas.1524813113

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…