Tuesday, December 29, 2015

Top Sains 2015

Misi Pluto, editing gen, temuan hominid baru dan masih banyak lagi mnjadi penemuan ilmiah paling penting yang hadir sepanjang tahun 2015.

Tidak mengherankan misi New Horizons yang terbangun dari tidur Desember lalu mnuju Pluto mengambil posisi teratas dalam daftar penelitian yang paling penting untuk tahun 2015.

Tapi bukan itu itu saja kisah menyenangkan dalam daftar top sains di situs Laporan Penelitian ini yang memberi pemikiran ke arah yang baru. Kemajuan teknologi pengeditan gen membuat kita ke jalur cepat inovasi kesehatan.

Spesies baru Homo naledi menantang teori tentang anggota paling awal dari genus kita. Belum diketahui bagaimana H. naledi menulis ulang sejarah manusia, tapi satu hal yang pasti masih banyak misteri dalam jantung ilmu pengetahuan.

Top sains tahun-tahun sebelumnya dapat disimak di laman ini. Berikut daftar lengkap top sains tahun 2015:

1. Planet Pluto

Planet kerdil tampil dengan panorama tak terduga dan langit biru. Pegunungan es ribuan meter di atas bidang beku nitrogen dan metana beserta gletser terukir dengan kanal mengisyaratkan panas merekah dari bawah.

Dunia asing dan satelitnya mempesona ilmuwan lebih dari 8 dekade setelah penemuannya. Pluto menjadi jauh lebih terang dari sekedar titik cahaya. Dunia dinamis dan kompleks seperti objek lain yang mengorbit Matahari.

» Laporan Ilmiah Pertama Flyby New Horizons di Pluto
» Arsitektur Pluto Dalam Resonansi Gravitasi Chaos
» Kabut Es, Gletser dan Geologi di Planet Pluto
» Poligon Permukaan Beku di Planet Pluto
» New Horizons Kirim Gambar Close-up Bulan Charon
» New Horizons Kirim Gambar Hidup Pluto
» Download Aplikasi Eyes on Pluto Bersama New Horizons
» Jilbab Pluto Mulai Disibak Wahana NASA New Horizons

2. Teknik Pengeditan Genetik CRISPR-Cas9

Sebuah teknologi revolusioner editing gen CRISPR menjadi berita utama sebagai prestasi terbesar bioteknologi tahun ini yang naik ke kancah ilmiah pertama kali pada tahun 2012.

Para peneliti awalnya mengindentifikasi sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna pada bakteri menjadi salah satu alat paling kuat dalam biologi molekuler.

RNA dan enzim Cas9 memungkinkan para ilmuwan mengedit hampir setiap gen pada semua organisme jauh lebih tepat dan efisien daripada metode yang lain. Teknik CRISPR anugerah untuk memperbaiki mutasi dan terapi gen.

» Edit Gen CRISPR Transplantasi Organ Babi Ke Manusia
» Rekayasa Genetika Nyamuk Mutan Hapus Malaria
» Mengedit Genetik Untuk Meremove Mitokondria Corrupt
» 8 Hal Penting Revolusi Teknologi Modifikasi Genetika
» Modifikasi Genetik Membunuh Sel Kanker Leukemia

3. Spesies Baru Manusia Homo naledi

Temuan kerabat manusia awal menggoyang pohon keluarga, para ilmuwan menyambut kehadiran rahasia baru keluarga evolusioner kuno manusia dengan satu set temuan menggoda dan kontroversial.

Temuan rangkaian fosil menawarkan wawasan penting dalam asal-usul genus manusia atas sekelompok fosil di gua Afrika Selatan yang memicu kegembiraan disertai dengan ketercengangan dan perdebatan sengit.

Setidaknya beberapa anggota awal genus Homo memunculkan tambal sulam tak terduga fitur mirip manusia sekaligus kera primitif yang berjalan bipedal tapi bahu, dada dan pinggul cocok untuk memanjat pohon.

» Spesies Homo naledi dari Gua Dinaledi Chamber
» Homo naledi Gaya Hidup Bipedal Sekaligus Arboreal
» Homo naledi, Selamat Datang Kerabat Baru

4. Laut di Bulan Enceladus

Laut global di Enceladus beserta geyser menawarkan petunjuk kimia alkalinitas. Wahana NASA Cassini memberi bukti terbaik laut di bawah permukaan bulan Saturnus sebagai tempat bagus untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

Cassini yang mengorbit Saturnus sejak tahun 2004 menukik ke Enceladus lebih dari 20 kali. Tapi pengukuran paling akurat menegaskan di bawah lapisan es tersembunyi lautan yang meliputi seluruh dunia.

Para ilmuwan selama satu dekade telah menduga bahwa bulan memiliki laut berdasarkan geyser yang muncrat di dekat kutub selatan. Samudra luas berarti lebih banyak ruang bagi mikroba berkembang.

» Cassini Memastikan Samudera Global di Enceladus
» Semburan Hidrotermal Terkubur di Bawah Es Enceladus

5. Spooky Action at a Distance Nyata

Kuantum spookiness adalah sangat nyata dalam eksperimen celah belitan. Dunia hantu tidak lagi mengganggu tes penting untuk mengukur keanehan mekanika kuantum seperti prosedur yang diusulkan John Bell pada tahun 1964.

Bell menunjukkan bahwa jeratan kuantum memiliki koneksi misterius non-lokalitas yang disebut Albert Einstein sebagai spooky action at a distance. Sekarang batas tidak ada lagi.

» Kuantum Spooky Action at a Distance Lulus Tes
» Spooky Action at a Distance Sangat Nyata

6. Air di Planet Mars

Bukti terbaik air di planet Mars, lereng cairan garam data datang dari wahana Mars Reconnaissance Orbiter. NASA mengumumkan temuan mineral garam terhidrasi di Planet Merah.

Garis-garis asin muncul di tempat yang sama seperti gelap, tanda bukit yang memanjang dan mengecil secara musiman. Air di Mars telah dilaporkan berkali-kali di masa lalu yang menambah nuansa segar bagi planetolog.

Temuan air garam adalah bukti paling detail air yang mengalir di permukaan planet hari ini dan air cair memiliki implikasi menarik apakah kehidupan muncul di dunia tandus itu.

» Danau Gale Planet Mars Cukup Lama Tergenang Air
» Sungai di Planet Mars Terbentuk Bukan Oleh Air Cair
» Misi MAVEN Melaporkan Perubahan Iklim Planet Mars
» Bidikan Wahana Mars Express Orbiter di Kutub Selatan

7. Partikel Subatomik Pentaquark

Large Hadron Collider (LHC) di dekat Jenewa menciptakan komponen pentaquark sebagai bukti baru untuk kasus partikel kwintet. Di antara jarak partikel subatomik ditemukan pada tahun 2015 adalah 2 kuintet quark.

Sampai saat ini quark salah satu unit dasar materi yang dikenal hanya dalam rumpun 3 untuk membentuk partikel seperti proton dan neutron atau kadang-kadang hanya 2.

Para peneliti di LHC melihat tanda-tanda partikel pentaquark saat memilah peluruhan partikel lain disebut lambda bawah. Sekitar 12 persen menghasilkan partikel dengan sifat yang dijelaskan hanya dengan komposisi 5 quark.

» Pesona Pentaquark Menampakkan Diri di LHCb

8. Evolusi Morfologi Manusia di Era Milenium

Apakah seleksi alam membuat orang Belanda menjadi manusia tertinggi di planet Bumi hari ini? Para ilmuwan memecahkan misteri mengapa orang Belanda tumbuh begitu tinggi.

Laki-laki Belanda yang tinggi rata-rata memiliki anak lebih dibanding rekan-rekan mereka yang lebih pendek dan anak-anak mereka lebih bertahan hidup. Temuan adalah contoh yang mengesankan evolusi manusia paling modern.

» Seleksi Alam Pendorong Orang Belanda Tertinggi Di Dunia

9. Katak Limnonectes larvaepartus di Sulawesi Melahirkan Bayi

Penghujung Desember 2014, tetapi tidak salah kita masukkan untuk tahun 2015, para peneliti melaporkan katak bertaring (Limnonectes larvaepartus) di Sulawesi sangat unik di antara anuran dengan fertilisasi internal dan melahirkan berudu.

Spesies baru endemik Pulau Sulawesi adalah spesies valid keempat Limnonectes dari Sulawesi meskipun setidaknya 15 spesies dan mungkin banyak lagi. Hanya beberapa dari 6.455 spesies katak di dunia yang dikenal fertilisasi internal.

» Katak Sulawesi Limnonectes larvaepartus Melahirkan Bayi

10. Brontosaurus Lahir Kembali

Para peneliti akhirnya memberi hak Brontosaurus memiliki jati diri sendiri yang sejak tahun 1800 disalahartikan sebagai Apatosaurus. Dinosaurus ikonik berleher panjang pada dasarnya memiliki genus sendiri.

Temuan baru menulis ulang sejarah keragaman Jurassic Hilir hingga Cretaceous Hulu. Pohon keluarga baru Diplodocidae sekarang mencakup tiga genus raksasa mengerikan yaitu Apatosaurus, Diplodocus dan Barosaurus.

» Brontosaurus excelsus Bukan Apatosaurus excelsus
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment