Wednesday, December 30, 2015

Batas Maksimum Lubang Hitam 50 Miliar Kali Matahari

Penelitian ~ Lubang hitam di jantung galaksi bisa membengkak menjadi 50 miliar kali massa Matahari sebelum cakram gas yang menopang diri sendiri runtuh.

Satu lubang hitam besar-besaran di tengah-tengah Bima Sakti seberat 4 juta kali Matahari tidak cukup seimbang contoh-contoh lain yang pernah dilihat para astronom dengan bobot miliaran kali Matahari.

Sebuah monster tumbuh dengan umpan akresi disk gas dan debu yang mengorbit di sekitarnya. Akibat gesekan material disk tak dapat dicegah melayang ke arah dalam oleh tarikan gravitasi lubang hitam.

Raksasa super masif serakah melestarikan pergolakan yang memanaskan gas super panas sehingga memancarkan cahaya yang dapat dilihat jauh di seberang alam semesta sebagai Quasar.

Objek kosmik adalah apa yang tersisa setelah kematian sial bintang jauh lebih besar dari Matahari, tapi seberapa besar monster penghisap materi ini menjadi pertanyaan rumit untuk dijawab.

Ilmuwan pekan lalu melaporkan batas maksimum lubang hitam adalah 50 miliar kali Matahari. Lubang hitam yang terlalu besar dapat menyebabkan ketidakstabilan akrsi disk yang menopang dirinya sendiri.

"Batas Mmax \simeq 5x10^{10}M_sun untuk parameter yang khas, tapi bisa mencapai Mmax Mmax \simeq 2.7x10^{11}M_sun dalam kasus yang ekstrim," kata Andrew King, astrofisikawan University of Leicester.

Tanpa disk, lubang hitam berhenti tumbuh, berarti 50 miliar kali Matahari menjadi sekitar batas atas. Satu-satunya cara bisa lebih besar jika bintang kebetulan jatuh lurus atau menelan lubang hitam lain.
How big can a black hole grow?

Andrew King

arXiv, last revised 9 Dec 2015, arXiv:1511.08502
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment