Monday, December 28, 2015

Morelladon beltrani Berhias Jambul Panjang Di Punggung

Penelitian ~ Morelladon beltrani spesies baru dinosaurus ornithopod dengan layar berjalan-jalan di formasi Barremian periode Cretaceous Awal sejak 125 juta tahun lalu.

Dinosaurus herbivora muncul semakin banyak ketika dunia diisi fauna berbadan besar-besaran bermukim di wilayah yang sekarang terdiri dari bagian-bagian Spanyol dan Portugal.

Kira-kira panjang 6 meter dan tinggi 2,5 meter. M. beltrani muncul ke panggung dengan kerangka lengkap yang dikumpulkan di situs Mas de la Parreta Quarry di Morella, Spanyol, menjadi genus baru.

Bintang film baru begitu aneh berhias layar tinggi di punggung memperluas pandangan baru bahwa fauna paleo berkeliaran wilayah tanah liat selama Cretaceous Awal cukup beragam.

Tidak diketahui fitur embel-embel berduri dari tulang belakang apakah berfungsi termoregulasi, tempat penyimpanan lemak sebagai stok ketika langka makanan, identifier ataukah kebanggaan daya pikat seksual.

Para ilmuwan melaporkan fosil kerangka parsial spesies dinosaurus baru M. Beltrani yang menjelajahi Bumi sekitar 125 juta tahun lalu dengan sombong jambul vertikal memanjang di punggung.

"Hubungan evolusioner Morelladon paling erat terkait dengan Iguanodon dan Mantelliaurus yang juga dari lokasi sama," kata José Miguel Gasulla, paleontolog Autonomous University of Madrid.

"Di awal Cretaceous Eropa sebagai kepulauan pada saat itu memiliki kantong endemik dinosaurus yang hidup berdampingan satu sama lain," kata Gasulla.

Bersama beberapa kerabat kontemporer serupa di Eropa, Morelladon mirip Iguanodon bernissartensis dan Mantellisaurus atherfieldensis yang mengisi kebangkitan regim lain rawa-rawa Eropa.

Sementara Iguanodon lebih besar dan lebih panjang, berjalan merangkak dan memiliki ekor kaku, Morelladon tersenyum lebar dengan 14 gigi besar melengkapi senjata paku tajam di kaki di antara 3 jari utama.

Ada beberapa teori tentang asal-usul layar di punggung. Embel-embel bisa digunakan sebagai identifier yang membantu anggota suatu spesies menemukan satu sama lain dari jarak berjauhan.

Teori lainnya menduga termoregulasi yang memungkinkan panas melarikan diri dari permukaan yang lebih luas selama hari-hari panas dan menangkap kehangatan pada hari-hari dingin.

Dugaan lain seperti punuk unta yang menyediakan tempat untuk menyimpan lemak dan dipanen sewaktu-waktu ketika pasokan makanan rendah. Sedangkan teori lainnya adalah respon seleksi seksual.

Meskipun ekosistem Jurassic atau beberapa juta tahun lebih tua dihuni sauropoda berleher panjang, Cretaceous berisi masyarakat paling penting. Morelladon mengisi informasi untuk melengkapi sejarah kehidupan di Bumi.
A New Sail-Backed Styracosternan (Dinosauria: Ornithopoda) from the Early Cretaceous of Morella, Spain

José Miguel Gasulla et al.

PLoS ONE, December 16, 2015, DOI:10.1371/journal.pone.0144167
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment