Wednesday, December 2, 2015

Planet Super-Puffs Bermassa Bumi Tapi Seukuran Jupiter

Penelitian ~ Super-Bumi kelas bobot yang lebih ringan dari planet terbentuk di pinggiran sistem bintang. Sebuah planet gas bermassa ringan duduk dekat dengan bintang host.

Sebuah exoplanet kecil pengembara di bawah berat badan Bumi yang terbentuk jauh dari pusat sistem bintang kemudian mengembung dan meringkuk hingga mendekati bintang host.

Dimulai di pinggiran sebuah sistem, planet masih muda yang berarti lebih banyak gas dingin tersedia daripada core berbatu. Super-Bumi berukuran cukup besar dan biasanya memiliki berat beberapa kali Bumi.

Tapi para ilmuwan menemukan planet bermasa lebih ringan dari Bumi yang meregang hingga selebar 10 kalinya atau lebih besar dari Jupiter yang kira-kira bermassa seperseratusnya.

"Teka-teki super-Bumi (1-4R⊕, 2-20M⊕) bahwa mereka bukan Jupiter, tapi entah bagaimana bertambah atmosfer yang beratnya hanya beberapa persen dari total massa," kata Eve Lee, astronom University of California Berkeley.

Dunia bengkak adalah kebalikan kelas berat berbatu yang dikenal sebagai super-Bumi bahwa keragaman planet-planet semakin aneh. Dunia gas dengan bobot lebih kecil dari Bumi mengaduk-aduk definisi planet.
Breeding Super-Earths and Birthing Super-Puffs in Transitional Disks

Eve J. Lee and Eugene Chiang

arXiv, last revised 24 Nov 2015, arXiv:1510.08855
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment