Wednesday, December 2, 2015

Jejak Kaki Dinosaurus Sauropoda Di Skotlandia

Penelitian ~ Monster berleher panjang menjelajahi laguna kuno. Dinosaurus sauropoda membuat situs terbesar Skotlandia dengan ratusan jejak kaki.

Semua harus minggir! Barisan raksasa berleher sangat panjang berkeliaran di Skotlandia meninggalkan ratusan cap kaki besar-besaran dengan pola zigzag menghias pantai Isle of Skye.

Kerabat awal Brontosaurus dan Diplodocus menginjak laguna sekitar 170 juta tahun lalu menyisakan fosil telapak kolosal. Cetakan kaki di atas lapisan batu kuno adalah lubang dangkal selebar 70 centimeter atau sekitar diameter ban truk.

Ketika arus laut berbalik dan Matahari terbenam di tepi pulau, sekelompok raksasa meninggalkan jejak terendam di air pasang tinggi dan ditutupi dengan rumput laut beberapa kali setahun.

Meskipun hewan Jurassic bisa saja mencari makan di vegetasi air dangkal, mereka mungkin juga menghindari predator atau bahkan mendinginkan tubuh dengan berenang di ombak.

Para ilmuwan melaporkan tayangan jari dan bantalan kaki berdaging yang menyarankan milik sauropoda yaitu dinosaurus herbivora dengan kaki batang pohon dan kepala bertengger di ujung leher pilar romawi.

Sampai saat ini catatan fosil dinosaurus Jurassic Tengah terdiri hanya beberapa tulang dan gigi. Keberadaan generasi sauropoda di sebuah pulau Skotlandia dalam laguna kuno mungkin makhluk raksasa sedang bertamasya.

"Jejak kaki di air dangkal dalam sebuah laguna merupakan lingkungan cukup menarik untuk dinosaurus," kata Steve Brusatte, paleontolog University of Edinburgh.

"Kami melihat satu dan kemudian yang lain dan kemudian mulai melihat pola dan sadar. Tapi air pasang datang, kami harus kembali keesokan harinya untuk mengukur," kata Brusatte.

Trek terawetkan dalam sedimen mungkin diaduk badai setelah hewan berlalu. Sekarang terlihat fosilisasi seperti tutup tong sampah, jejak lain serupa gips ketika batu di sekitarnya lapuk.


"Mungkin ada ribuan jika Anda bisa melacak lapisan batu dalam ribuan tahun. Ada trek di mana-mana dan bukan hanya satu dino yang berjalan melalui laguna ini," kata Brusatte.

Jejak kemungkinan besar dibuat sauropoda primitif karena telapak terlalu besar bagi jenis dinosaurus lainnya. Setidaknya cetakan akibat hentakan berat tubuh lebih dari 11 metrik ton dan tinggi 15 meter.

Sementara tulang ekor, lengan dan beberapa gigi telah ditemukan sebelumnya, temuan baru menjadi bukti terkuat sauropoda pernah di Skotlandia karena jejak kaki pasti menetap dan tidak dapat berpindah tempat.

Setidaknya 3 lapisan batu jejak kaki bahwa beberapa generasi sauropoda besar berjalan melalui air asin laguna kuno karena menyukai perairan dangkal yang selama ini hanya ditemukan pada lahan kering.

Temuan menggembirakan bisa membuka kehidupan rahasia dinosaurus secara detail lebih mendalam dari sekedar puncak gunung es. Situs adalah sebuah kawasan dengan segala hal dapat dimulai dari ibu jari.

"Saya yakin Skye terus menghasilkan situs besar dan spesimen untuk tahun-tahun mendatang," kata Thomas Challands, geolog University of Edinburgh.

Para ilmuwan berharap mendapatkan lebih banyak dana sehingga dapat melakukan survei udara dengan teknik disebut LIDAR Light Detection and Ranging) yang membantu memetakan tanda jejak.

Begitu memiliki diagram komprehensif cetakan, mereka dapat menentukan seberapa cepat hewan paleontologi bergerak, meskipun jejak kaki berdekatan sehingga dinosaurus kemungkinan besar bergerak perlahan.
Sauropod dinosaur trackways in a Middle Jurassic lagoon on the Isle of Skye, Scotland

Stephen L. Brusatte et al.

Scottish Journal of Geology, December 1, 2015, DOI:10.1144/sjg2015-005
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment