Saturday, November 28, 2015

Ledakan Ganda Radio Cepat Memukul Teleskop Parkes

Penelitian ~ Sinyal ekstragalaktik yang lebih misterius terdeteksi. Ledakan cepat radio kembar tidak pernah terlihat sebelumnya harus mempersempit pencarian sumber.

Tepat pada waktunya astronom tersangkut kontrak dua dalam satu ledakan misterius gelombang radio dari galaksi lain. Sebuah ledakan ganda yang belum pernah terjadi sebelumnya muncul bersama dengan 4 kedipan.

Semburan radio cepat atau fast radio bursts (FRBs) pertama kali terdeteksi pada tahun 2007 adalah ledakan terang energi radio yang berlangsung hanya beberapa milidetik dan tidak pernah terlihat lagi.

Sampai hari ini para astronom menerima 9 kemunculan berasal dari luar Bima Sakti. Tapi tindak lanjut menggunakan teleskop nonradio untuk apa pun yang mungkin terjadi datang dengan tangan kosong.

Lima ledakan baru terdeteksi teleskop radio Parkes di Australia mengikuti pola sama seperti semua semburan yang terdeteksi sebelumnya dengan satu pengecualian yaitu berkelebat 2 kali.

David Champion, astrofisikawan Max Planck Institute for Radio Astronomy di Bonn, dan rekan mengatakan ledakan kembar terpisah hanya 2,4 milidetik yang mungkin datang dari jarak 9 miliar tahun di konstelasi Octans.

"Lima FRBs ditemukan dalam survei lintang tinggi adalah 6+4-3×103(95%) FRBs langit-1 hari-1 di atas fluence antara 0,13 dan 5,9 Jy ms untuk FRBs antara 0,128 dan 262 ms dalam durasi," kata Champion dan rekan.

Sebuah flash ganda datang dengan beberapa teori tentang apa yang menyebabkan semburan radio cepat seperti 2 bintang neutron dengan core padat mayat bintang-bintang besar bertabrakan bersamaan.

Ledakan kuat langka dari pulsar mungkin sesuai dengan tagihan seperti hyperflares serampangan sinar gamma dan sinar-X yang dikenal sebagai soft gamma repeaters yang dipicu goncangan magnetik.

FRBs memukul piring radio raksasa Arecibo di Puerto Rico dan konfirmasi bahwa sinyal memang nyata, tapi tidak ada penjelasan lebih untuk mendapatkan jawaban definitif.
Five new Fast Radio Bursts from the HTRU high latitude survey: first evidence for two-component bursts

D. J. Champion et al.

arXiv, Submitted on 24 Nov 2015, arXiv:1511.07746
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment