Monday, November 16, 2015

Mammuthus columbi Evolusi Dari Stepa Eurasia

Penelitian ~ Mammoth Columbia (Mammuthus columbi) seberat 11 ton menghentak tanah Amerika Utara Zaman Es paruh akhir sebenarnya spesies sama di stepa Eurasia.

Raksasa pertama yang memasuki Amerika Utara adalah raksasa padang rumput Eurasia dan bukan leluhur makhluk Eropa Mammuthus meridionalis. Kedua spesies sangat berbeda.

Mammoth pertama kali muncul di Afrika 5 juta tahun lalu dan pindah ke Eropa 2 juta tahun kemudian kemudian menyebar ke Siberia, China dan mengisi relung seluruh Asia.

Sepanjang jalan di Eurasia berubah dramatis semakin lebih dingin iklim tumbuh bulu panjang dan mengevolusi gigi lebih rumit dengan diet berbagai jenis rumput di iklim yang kering.

Para ilmuwan menulis ulang kisah evolusioner raksasa yang melintasi benua di Amerika Utara selama Zaman Es. Gigi usang mungkin di balik keyakinan salah bahwa raksasa Kolumbia keturunan raksasa Eropa.

"Ketika mammoth pertama mencapai Eurasia seperti gajah. Kemudian menjalani 2 atau 3 juta tahun evolusi menjadi raksasa wol zaman es," kata Adrian Lister, paleontolog Natural History Museum di London.

Teori sebelumnya menunjuk mammoth bulu berasal dari Eropa M. meridionalis yang melakukan perjalanan panjang melintasi jembatan darat Selat Bering sekitar 1,5 juta tahun lalu.

Tapi bukti baru membuat gemetar leluhur raksasa Amerika Utara bukan dari Eropa. Lister dan rekan mendasarkan banyak temuan pada gigi sisa kerangka yang tidak selalu diawetkan atau ditemukan.

Setiap kali sebuah temuan ambigu. Raksasa yang ditemukan di Amerika Utara biasanya ditetapkan dari spesies Eropa, tapi gigi baru tidak hanya mengunyah dan kemungkinan lebih kompleks di masa Eropa.

"Ketika Anda melihat gigi aus, mereka terlihat lebih primitif dari sebenarnya," kata Lister.

Tidak ada catatan fosil yang dikenal milik raksasa Eropa di timur laut Siberia atau Alaska bahwa spesies beradaptasi iklim tidak pernah tersebar jauh ke utara melalui rute transit Beringian.

Tapi sisa-sisa raksasa stepa Mammuthus trogontherii di timur laut China dating 1,7 juta tahun dan timur laut Siberia dating 1,2-0,8 juta tahun kandidat paling baik yang menyeberang 1,5 juta tahun lalu ke Amerika Utara.

"Ketika membandingkan mammoth stepa dari Asia dengan raksasa Columbus Amerika, kami menemukan mereka hampir identik. Raksasa ini benar-benar berkembang di Siberia dan baru saja pindah ke Amerika Utara," kata Lister.

Mammoth berbulu Eurasia (Mammuthus primigenius) kemudian mengikuti raksasa Columbus ke Amerika Utara, tapi hidup lebih jauh ke utara di daerah dingin Kanada bagian selatan dan utara benua Amerika.

Meskipun kisaran mammoth wol Eurasia tumpang tindih dengan kerabat lain kemungkinan mengarah ke perkawinan yang melahirkan spesies hibrida termasuk Mammuthus jeffersonii.


Evolution and dispersal of mammoths across the Northern Hemisphere

A. M. Lister and A. V. Sher

Science, 13 November 2015, DOI:10.1126/science.aac5660
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment