Thursday, November 12, 2015

Ekstrasurya GJ 1132b Memegang Atmosfer Alien

Penelitian ~ Exoplanet berbatu mirip Bumi hanya 39 tahun cahaya. Sebuah planet kecil mendapat label dunia alien paling penting dalam skema galaksi.

Sebuah planet berbatu mengelilingi orbit kecil menjadi dunia paling penting yang pernah ditemukan di luar tata surya. Duduk di konstelasi Vela langit selatan cukup dekat bagi teleskop darat mengamati atmosfer.

Sebuah dunia asing seukuran Venus diharapkan memberi banyak paragraf penting bagaimana planet dengan atmosfer seperti Bumi Anda sendiri berbatu telah berevolusi di alam semesta.

Planet ekstrasurya tersusun dari batu dan logam, GJ 1132b hanya 16% lebih besar dan 3 kali lebih dekat dibanding planet berbatu seukuran Bumi lainnya yang telah dikenal mengorbit bintang.

Meskipun jauh lebih dingin dan redup dari Matahari, orbit GJ 1132b begitu dekat sehingga suhu permukaan 260 Celcius. Terik mengusir air cair dan tidak layak huni, tapi tidak cukup membakar atmosfer yang terbentuk.

Para astronom melihat planet saat bergerak di wajah kerdil bintang merah GJ 1132 hanya 1/5 masa Matahari dan pada jarak yang pas teleskop membawa keluar kimia atmosfer, kecepatan angin dan syahdu seperti Matahari terbenam.

"Kami datang dengan teori planet berbatu. Jika planet ini masih memiliki atmosfer, kita menemukan lainnya," kata Berta Zachory-Thompson, astronom Kavli Institute for Astrophysics and Space Research di MIT.

"Planet dingin lain yang juga memiliki atmosfer dan mengorbit bintang kecil. Kemudian kita bisa menginterogasi molekul yang datang dari kehidupan," kata Zachory-Thompson.


Para astronom menggunakan MEarth-South array, kelompok 8 teleskop robot 40 centimeter di Cerro-Tololo Inter-American Observatory di Chile. GJ 1132b menyelesaikan orbit setiap 1,6 hari menghasilkan 0,3% dip samar cahaya bintang.

Spektrograf mengukur berapa banyak planet dan bintang mengorbit, katai merah, dan tarik satu sama lain melalui gravitasi. Massa GJ 1132b sekitar 60 persen lebih besar dari Bumi.

Planet pasang surut terkunci gravitasi bintang sama seperti Lunar terpaku Bumi dengan satu wajah di siang hari permanen, sisi lainya dalam kegelapan. Mengingat ukuran dan massa, GJ 1132b mengeja planet berbatu.

Seperti planet-planet dalam di tata surya, GJ 1132b mengorit 1.4 juta mil dari bintang, jauh lebih dekat dari Merkurius yang tidak pernah kurang dari 36 juta mil dari Matahari.

"Perkiraan terbaik kami planet ini tampak seperti Venus. Tapi tidak perlu menebak lama, kita memiliki kesempatan pergi jauh dan mengamati atmosfernya," kata Zachory-Thompson.

Karena katai merah sangat kecil dan planet orbit dekat, astronom mudah mendeteksi setiap armosfer yang terbntuk. Zachory-Thompson dan tim telah meminta waktu teleskop Hubble dan Spitzer untuk pengamatan lebih rinci.
A rocky planet transiting a nearby low-mass star

Zachory K. Berta-Thompson et al.

Nature, 11 November 2015, DOI:10.1038/nature15762
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment