Wednesday, November 11, 2015

Domestikasi Tanaman Padi Terjadi Tiga Kali

Penelitian ~ Domestikasi beras setidaknya tiga kali, padi salah satu tanaman paling penting dunia dijinakkan lebih dari dua kali.

Rekonstruksi sejarah bagaimana peradaban muncul di seluruh Asia menyertai inovasi pertanian dan budaya kemudian satu wilayah tumpang tindih menyalin ke wilayah lain hingga meluas lebih dari setengah populasi dunia.

Ada empat varietas utama di piring hari ini yaitu japonica, beras pendek tumbuh di Jepang, Korea dan China timur. Indica beras panjang umum di India, Pakistan dan sebagian besar Asia Tenggara.

Aus tumbuh di Bangladesh dan beras aromatik yang meliputi varietas wangi lebih eksotis seperti basmati India, melati Thailand dan sebagian besar mengisi sawah Indochina.

Meskipun Indica dan japonica menarik karena temuan arkeologi menunjuk keduanya memiliki sejarah panjang budidaya, manusia di China selatan menjinakkan antara 8200 hingga 13.500 tahun lalu.

Penyebaran pertanian menyokong pasokan makanan lebih stabil sehingga pemburu-pengumpul beralih menetap di desa-desa dengan peningkatan masyarakat lebih kompleks dan muncul peradaban Timur.

Satu peristiwa domestikasi indica muncul dari persilangan japonica dan spesies liar. Hipotesis ini didukung beberapa ilmuwan, kemudian skenario aus dan aromatik muncul dari persilangan di kemudian hari.

Lokalitas tepat masih dalam perdebatkan. Untuk dua peristiwa domestikasi terpisah umumnya sepakat japonica muncul di China selatan dan indica secara independen menyebar di India dan Indocina Barat.

Para ilmuwan menantang teori ini dengan membandingkan DNA dari 1.083 varietas padi modern beserta 446 sampel diambil dari seluruh Asia selatan untuk melacak sejarah tanaman kembali ke 3 leluhur berbeda.

Nasi lengket disukai di Jepang termasuk dalam kelompok japonica menyusuri kembali ke lembah Yangtze di China selatan. Nenek moyang tunggal semua varietas Oryza sativa hari ini, tetapi laporan baru mengidentifikasi 2 lebh lanjut.

Kelompok indica kembali ke lembah sungai Brahmaputra yang mengalir dari Himalaya, sementara kelompok aus toleran kekeringan berasal dari wilayah yang sekarang India dan Bangladesh.

"Kami menunjuk bukan satu, bukan dua, tapi tiga domestikasi beras di Asia. Varietas aromatik seperti basmati muncul hibrida antara japonica dan aus," kata Peter Civáň, bioteknolog University of Manchester di UK.

Laporan baru menempatkan peristiwa domestikasi antara 9000 hingga 10.000 tahun lalu, tapi tidak diketahui apakah pemburu-pengumpul atau petani awal yang bertanggung jawab untuk setiap kasus.

Pertanyaan historis domestikasi beras tetap terbuka dengan pendekatan yang berbeda mencapai kesimpulan yang berbeda. Analisis DNA mungkin menyajikan sejarah yang terdistorsi tanaman lain.

"Pengetahuan kita tidak pernah definitif. Ini menarik melihat apakah jenis data genetik mengkonfirmasi kesimpulan kami atau bisa memberi wawasan lebih ke dalam ke dalam sejarah domestikasi padi," kata Civáň.
Three geographically separate domestications of Asian rice

Peter Civáň, Hayley Craig, Cymon J. Cox & Terence A. Brown

Nature Plants, 02 November 2015, DOI:10.1038/nplants.2015.164
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment