Skip to main content

Laser Menyalak Secarik Graphene Menjadi Microrobot

Penelitian ~ Sinar laser menyalak selembar graphene menjadi sebuah microrobot. Cahaya dan panas memberi nyawa material trendy, berlipat menyerap air inspirasi origami.

Air dari lingkungan menyebalkan menyebabkan bengkak secarik datar, tapi ketika cahaya berkedip membuat lipatan rata kembali. Origami menginsprasi materi untuk otot buatan robotika.

Cahaya dan panas memberi nyawa graphene trendy, lapisan material berlipat menyerap air menjadi bentuk bergerak. Satu uji coba menunjuk pita dengan lajur tunggal melipat dan terungkap dalam 5 detik.

Basis terbentuk dari lapisan oksida graphene, selembar atom karbon dibumbui senyawa hidrogen dan oksigen. Di atas tulang punggung duduk lapis modifikasi oksida graphene yang berpori untuk molekul air.

Lajur bertindak seperti spon, menyerap air dari udara dan bengkak dalam kondisi lembab. Ketika terkena cahaya inframerah, desain melepaskan air seperti layu dan tarikan menghasilkan gerak membungkuk. Kecepatan efek ini mengejutkan.

Termotivasi seni jepang berabad-abad, para ilmuwan menciptakan bahan remote control yang melipat diri dari tumpukan tipis teknologi graphene. Materi berlapis membuat robot berjalan didukung cahaya.



"Air datang dan keluar sangat cepat," kata Hongzhi Wang, materiolog Donghua University di Shanghai.

Desain terlipat ke dalam kotak dan tangan mengangkat barang-barang 5 kali lebih berat dari itu sendiri. Menekan satu sisi dengan cahaya menghasilkan kontrak dan menyebabkan perangkat berubah.

Jika insinyur mencapai tujuan, mereka akan dapat menggunakan infrastruktur yang ada dan keahlian dalam fabrikasi material 2D untuk membuat berbagai pola sendiri ke dalam desain 3D.

Wang dan rekan mencari level teknologi sebagai substrat sel surya yang dilipat dan menyusut. Tapi tingkat efisiensi 1,8% di mana bahan mengkonversi cahaya dan panas menjadi energi mekanik masih terbatas.

"Jika kita ingin melakukan beberapa aplikasi praktis, kita harus meningkatkan efisiensi," kata Wang.
Origami-inspired active graphene-based paper for programmable instant self-folding walking devices

Jiuke Mu et al.

Science Advances, 06 Nov 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500533
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.