Tuesday, October 20, 2015

Kehidupan di Bumi Sudah Dimulai 4,1 Miliar Tahun Lalu

Penelitian ~ Kristal 4,1 miliar tahun memegang sidik jari paling awal sejarah kehidupan di Bumi yang dimulai 300 juta tahun lebih awal dari perkirakan sebelumnya.

Para ilmuwan menggali catatan geologi lebih dalam dari penglihatan yang semakin tampak kemungkinan jejak kehidupan selama periode misterius berikut pembentukan Bumi.

Organisme muncul sangat segera bahwa kehidupan muncul pada waktu sangat singkat setelah Bumi terbentuk dari piringan primordial debu dan gas yang mengelilingi Matahari 4,6 miliar tahun lalu.

Bintik grafit mencurigakan terjebak dalam kristal zirkon novel sangat tua dari Jack Hills Australia Barat. Atom karbon menanggung ciri khas asal muasal dari mana biologi berasal.

Pekan ini para peneliti melaporkan kristal mustika yang memberikan sekilas langka kalimat pertama sejarah kehidupan Bumi sebagai mukadimah paragraf Hadean eon.

Panggung biosfer terestrial muncul di Bumi setidaknya awal 4,1 miliar tahun lalu. Grafit benar-benar terperangkap dalam zirkon yang retak bebas dan tidak terkontaminasi meskipun berlalunya aeon.

"Sampel sangat cukup tentang apa yang terjadi di Bumi sebelum 4 miliar tahun yang lalu," kata Elizabeth Bell, geokimiawan di University of California Los Angeles.

Beberapa proses abiotik seperti dampak meteorit juga bisa menghasilkan bentuk-bentuk karbon. Tapi jumlah karbon ekstra-terestrial tidak cukup untuk menjelaskan hipotesis tungku angkasa.



Kalender fosil tertuasekitar 3,5 miliar tahun lalu sehingga para ilmuwan menggunakan petunjuk lain yaitu persediaan istimewa form kehidupan diperkaya karbon-12 dalam sel kunci asal biologis.

Zircon tumbuh dalam magma yang sering inklusi mineral lainnya ke dalam struktur kristal silikon, oksigen dan zirkonium. Meskipun nyaris selebar rambut manusia, zircon abadi dan tidak bisa hancur.

Grafit merekam material organik dalam sedimen yang terseret ke mantel Bumi selama tabrakan lempeng tektonik. Sedimen meleleh membentuk magma, suhu tinggi dan tekanan mengubah karbon yang akhirnya terbungkus kristal zirkon.

"Pandangan tradisional beberapa ratus juta tahun pertama Bumi adalah steril, tak bernyawa, planet panas terus-menerus dibombardir meteorit," kata Bell.

Tapi kekayaan informasi yang diungkap dari zircon Jack Hills dalam beberapa tahun terakhir memungkinkan para ilmuwan datang untuk melihat awal Bumi sebanyak mungkin materi kehidupan.

Pada tahun 2008 peneliti mengumumkan inklusi berlian grafit dalam zircon 4,3 miliar tahun memiliki tanda tangan biologis, tapi analisis selanjutnya menunjuk kontaminasi laboratorium.

Bell dan rekan mengambil langkah-langkah lebih hati-hati untuk mencegah masalah yang sama bahwa satu pengalaman negatif tidak berarti harus mencegah orang lain mencoba lagi.
Potentially biogenic carbon preserved in a 4.1 billion-year-old zircon

Elizabeth A. Bell, Patrick Boehnke, T. Mark Harrison, and Wendy L. Mao

Proceedings of the National Academy of Sciences, October 19, 2015, DOI:10.1073/pnas.1517557112
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment