Friday, October 16, 2015

Peradaban Kardashev Tipe II Alien Bintang KIC 8462852

Penelitian ~ Bintang aneh dalam galaksi mungkin emisi lalu lintas penerbangan alien antar planet. Para astronom sedang berjuang menjelaskan pola cahaya aneh bintang KIC 8462852.

Meskipun NASA Kepler Space Telescope mengamati batuan, asteroid di orbit bintang-bintang jauh dan fitur lain seperti cincin planet, perangkat juga memiliki potensi mengintip mega struktur buatan asing.

Para ilmuwan telah lama melihat benda-benda berantakan dan aneh berputar di sekitar bintang jauh. Mereka juga sedang mencari peradaban di exoplanet untuk melihat lebih dekat.

Di langit belahan Bumi Utara melayang di atas Bima Sakti, 2 rasi angsa Cygnus dengan sayap terentang penuh, dan kecapi Lyra disertai puisi Yunani dari mana asal muasal lirik.

Di antara kedua rasi duduk sebuah bintang yang tidak biasa. Tidak terlihat dengan mata telanjang, tapi terlihat Kepler yang menatap selama lebih dari 4 tahun sejak tahun 2009.

"Kami belum pernah melihat sesuatu seperti bintang ini. Benar-benar aneh. Kami pikir mungkin data buruk atau gerakan Kepler yang buruk, semuanya diperiksa," kata Tabetha Boyajian, astronom Yale University.

Kepler ditugaskan mencari dips kecil cahaya yang dipancarkan bintang. Dips lebih dari 150.000 bintang secara bersamaan dengan bayangan transit planet berulang secara berkala seperti gerhana Bumi mengorbit Matahari.

Begitu banyak cahaya dikumpulkan dan tim sains Kepler tidak mampu memproses semuanya menggunakan algoritma. Mereka membutuhkan mata dan kognisi manusia dalam mengenali pola.

Astronom Kepler mendirikan Planet Hunters, sebuah program yang meminta "ilmuwan warga" untuk memeriksa pola cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang dari rumah mereka sendiri.

Pada tahun 2011 beberapa warga mencentang satu bintang sebagai "menarik" dan "aneh". Bintang ini memancarkan pola cahaya yang tampak asing daripada apapun yang mencurigakan. Pola cahaya menunjuk kekacauan materi.

Dugaan adalah bintang muda seperti ketika Tata Surya terbentuk 4,5 miliar tahun lalu. Disk berantakan penuh debu dan puing-puing mengeliligi Matahari sebelum gravitasi mengorganisir planet dan cincin dari batu dan es teratur.

Tapi bintang yang tidak biasa ini bukan bintang muda. Jika masih muda harus dikelilingi debu yang mengeluarkan cahaya ekstra inframerah. Tidak ada kelebihan cahaya inframerah di sekitar bintang.

"Tampak persis seperti yang Anda bayangkan tentang bangunan peradaban alien," kata Boyajian.

Para ilmuwan menunjukkan data mempesona dan memasang kemungkinan mega struktur aktivitas peradaban, meskipun alien harus selalu hipotesis terakhir dalam pertimbangan.

Pada tahun 1960 astronom Rusia Nikolai Kardashev menteorikan skala peradaban super canggih berdasarkan energi yang digunakan sama dengan output emisi bintang host yang kemudian disebut Peradaban Kardashev Tipe II.

"KIC 8462852 tidak teratur, dips aperiodik dengan fluks turun ke bawah level 20%. Kegiatan bisa bertahan selama antara 5 hingga 80 hari," kata Boyajian dan tim.

"Kami menentukan bahwa KIC 8462852 adalah deret utama bintang F3 V/IV dengan periode rotasi ~0,88 d yang menunjukkan tidak ada kelebihan IR signifikan," kata Boyajian.
Planet Hunters X. KIC 8462852 - Where's the Flux?

T. S. Boyajian et al.

arXiv, Submitted on 11 Sep 2015, arXiv:1509.03622
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment