Friday, October 9, 2015

Danau Gale Planet Mars Cukup Lama Tergenang Air

Penelitian ~ Danau besar sekali membasahi lanskap Mars selama ribuan tahun pada suatu waktu. Kawah Gale pernah diisi dengan air cair.

Bukit-bukit Mars modern diukir air yang menghilang. Tapi di Kawah Gale air berkumpul menjadi danau kemudian menggenang tenang selama ratusan hingga ribuan tahun pada suatu waktu.

Jika rover Curiosity tiba di Mars jutaan tahun lalu, ia harus berenang dengan pelampung. Sedimen dan tanda-tanda erosi menunjuk danau kuno di Planet Merah pernah diisi air untuk setidaknya 100 sampai 10.000 tahun.

Sementara hidup relatif singkat menurut standar Bumi, danau berlama-lama tergenang datang dan pergi selama jutaan tahun menyimpan potensi cukup panjang untuk mendukung kehidupan.

Para ilmuwan mengangkat semakin tinggi teori sejarah planet basah dari sedimen kerikil dan pasir yang dibawa arus air dan mengikis dinding utara kawah dalam rangkaian sungai dangkal yang mengisi danau purba.

"Kami memiliki potongan danau dan sekarang menemukan lapisan utama," kata John Grotzinger, geolog California Institute of Technology.

Tergantung pada iklim yang berubah-ubah, danau tumbuh dan menyusut dari waktu ke waktu. Fitur baru mendukung teori danau termasuk deposit setebal 1 hingga 4 meter menyerupai lumpur delta.

Danau mungkin muara es dari tepi utara kawah sejauh 2 atau 3 kilometer di atas permukaan air. Bahkan oleh salju yang disampaikan pola cuaca dari lautan hipotetik di utara.


"Batu tidak dibawa oleh bencana, arus lebih berkelanjutan dengan sederhana sedalam pergelangan kaki," kata Grotzinger.

Sementara belum ada bukti-bukti definitif kehidupan di luar Bumi, catatan geologi menginput akun materi utama air dan tempat-tempat di mana bisa diakses bagi evolusi kehidupan mikroba.

Sejak mendarat di Kawah Gale pada tahun 2012, rover Curiosity mengambil foto dan mengebor batu menghasilkan banyak bukti bahwa air cair hadir di masa lalu planet berwarna coklat tanah liat.

Di Yellowknife Bay, rover bahkan menemukan tanda-tanda jelas lingkungan berisi materi kimia ramah kehidupan. Para ilmuwan belum tahu berapa lama dunia basah mengalir pada urutan jutaan tahun.

Sistem intracrater muncul sebentar-sebentar selama ribuan sampai jutaan tahun menyiratkan iklim relatif basah yang menyediakan kelembaban bibir kawah dan diangkut melalui aliran sedimen ke danau berbentuk baskom.

Jika genangan air memang berumur panjang berarti atmosfer lebih tebal dari perkiraan dengan gumpalan awan berarak yang lebih banyak tampak seperti planet Bumi itu sendiri.
Deposition, exhumation, and paleoclimate of an ancient lake deposit, Gale crater, Mars

J. P. Grotzinger et al.

Science, 9 October 2015, DOI:10.1126/science.aac7575
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment