Monday, October 26, 2015

Sekuen Genom Nyamuk Chikungunya Aedes albopictus

Penelitian ~ Sekuen genom nyamuk macan Asia Aedes albopictus terbit, genetika salah satu pengisap darah paling terkenal di Bumi pembawa virus chikungunya selesai diurutkan.

Genom Aedes albopictus dengan petak DNA berulang mengidentifikasi sangat besar gen yang terlibat dalam kekebalan, resistensi insektisida, penentuan jenis kelamin dan penciuman.

Gen dapat mengungkap rahasia sukses spesies penjajah global yang membawa virus chikungunya itu sendiri. Beberapa bagian juga menyerupai genom virus yang mendukung teori asal muasal coevolusi nyamuk dan flavivirus.

Para ilmuwan melaporkan urutan yang memberi wawasan bagaimana transmisi penyakit menular seperti chikungunya dan demam berdarah mempengaruhi jutaan orang setiap tahun di seluruh dunia.

Sekuen memberi pandangan pertama yang menawarkan janji besar pemahaman strategi untuk mengontrol serangga paling invasif dan berdampak langsung kepada manusia.

Hal yang lebih mendesak dari semuanya adalah tingkat tinggi migrasi A. albopictus yang bergerak dalam beberapa tahun terakhir dari habitat tropis alami di Asia Tenggara ke berbagai belahan dunia termasuk Eropa, Amerika dan Afrika.

Gejolak global risiko penyebaran skala besar A. albopictus termasuk pemanasan iklim, urbanisasi dan pengalihan lahan. Angka papan tulis sebanyak 400 juta orang meringkuk akibat infeksi virus demam berdarah dan chikungunya

Para ilmuwan sekarang berada di posisi lebih baik untuk mengidentifikasi seberapa penyakit ditularkan kepada manusia oleh nyamuk dan menemukan cara-cara efesien untuk mencegahnya.
Genome sequence of the Asian Tiger mosquito, Aedes albopictus, reveals insights into its biology, genetics, and evolution

Xiao-Guang Chen et al.

Proceedings of the National Academy of the Sciences, October 19, 2015, DOI:10.1073/pnas.1516410112
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment