Thursday, October 1, 2015

Perisai Magnet Exoplanet Pengorbit Bintang Kelas M

Penelitian ~ Planet mirip Bumi di sekitar bintang kecil memiliki medan magnet pelindung yang membantu kesempatan untuk hidup.

Termal dan magnet internal exoplanet berbatu sangat penting untuk kelayakhunian, tapi dilema datang bagi planet Bumi di sekitar bintang Kelas M karena radiasi zona layak huni tumpang tindih dengan zona pasang surut.

Planet setara Bumi yang mengorbit bintang rendah massa mungkin memiliki medan magnet yang melindungi diri dari radiasi dan membantu menjaga kondisi permukaan kondusif untuk kehidupan.

Medan magnet berasal dari core planet membelokkan partikel bermuatan angin bintang dan melindungi atmosfer menguap ke ruang seperti medan magnet Bumi melindungi Anda.

Bintang Kelas M rendah massa paling umum di alam semesta dan para astronom lebih mudah mendeteksi keberadaan planet karena transit memblokir lebih banyak cahaya dibanding bintang masif.

Tetapi bintang kecil dan redup berarti zona layak huni harus memberi planet panas yang cukup untuk mempertahankan air cair ramah hidup di permukaan yang juga berarti terletak relatif dekat dengan host.

Tarikan kuat gravitasi bintang menyebabkan pasang surut terkunci dengan satu wajah selamanya menghadap bintang seperti Lunar menghadap Bumi secara permanen.

Bahwa tarikan gravitasi juga menghasilkan panas interior planet yang bertanggung jawab untuk aktivitas vulkanik seperti Jupiter dengan bulan Io di Tata Surya.

"Kami fokus pada evolusi termal-orbital planet seukuran Bumi di sekitar bintang kelas M rendah massa dengan radiasi zona layak huni tumpang tindih," kata Rory Barnes, astronom University of Washington di Seattle.

Para ilmuwan juga menemukan proses pemanasan pasang surut lebih ekstrim untuk planet di zona layak huni di sekitar bintang yang sangat kecil atau kurang dari setengah massa Matahari.
Tidal Heating of Earth-like Exoplanets around M Stars: Thermal, Magnetic, and Orbital Evolutions

Driscoll P.E. and Barnes R.

Astrobiology, September 22, 2015, DOI:10.1089/ast.2015.1325
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment