Wednesday, October 28, 2015

Levitasi Akustik Kontrol Objek Melayang di Udara

Penelitian ~ Tractor beam ultra sound system menciptakan gelombang suara untuk memindahkan objek di udara. Speaker menciptakan medan akustik dan mengerakkan benda.

Mistik perdukunan dan trik waralaba iman takhayul ustad mengesankan imajinasi, tapi sound system membuat benda kecil melayang di udara dan manuver dengan kontrol tanpa tangan.

Perangkat hologram akustik memanipulasi objek di udara sebagai bentuk-bentuk virtual kompleks untuk menerbangkan hantu, memutar dan memindahkan benda secara horizontal dan vertikal.

Meskipun legium Star Trek dan Star Wars menggunakan untuk kepentingan politik multiplanet, teknik ini dapat dipakai untuk mengendalikan instrumen mikro dalam tubuh pasien dan obat langsung ke jaringan.

Para peneliti menaruh uang muka levitasi akustik menggunakan satu set speaker dengan kegunaan mulai dari menggiring batu ginjal hingga menciptakan atau mencegah gravitasi di stasiun luar angkasa.

Levitasi optik memiliki kekuatan sangat lemah dan levitasi quantum bahkan lebih lemah. Levitasi suara memiliki beberapa keuntungan karena gelombang suara dapat melakukan perjalanan melalui udara, air dan jaringan manusia.

Prestasi tidak mengherankan karena suara menghasilkan tekanan cukup kuat memecah gendang telinga Anda, tapi frekuensi ultrasonik di luar jangkauan pendengaran manusia mengangkat benda adalah hal baru.



Ultrasonic phased array memproduksi gelombang ultrasonik yang menghasilkan gelombang 3D untuk menjebak dan memanipulasi bola polystyrene berukuran 0,04 inci mengambang di atas permukaan.

"Dalam perangkat kita memanipulasi objek di udara dan tampaknya melawan gravitasi," kata Sriram Subramanian, informatikawan University of Sussex di Brighton.

"Di sini kita secara individu mengendalikan puluhan pengeras suara yang memberitahu Anda solusi optimal menghasilkan hologram yang dapat memanipulasi beberapa objek secara real tanpa kontak," kata Subramanian,

Sebuah array 64 mini speaker menghasilkan medan gelombang ultrasonik dan secara hati-hati dikendalikan melalui algoritma komputer menjebak sebuah objek, memutar dan memindahkannya.
Holographic acoustic elements for manipulation of levitated objects

Asier Marzo et al.

Nature Communications, 27 October 2015, DOI:10.1038/ncomms9661
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment