Tuesday, October 27, 2015

Gambar Bima Sakti 46 Miliar Piksel Dalam 194 Gigabyte

Penelitian ~ Panorama 46 Miliar pixel Bima Sakti adalah gambar ruang terbesar resolusi tertinggi yang pernah dibuat dan datang dalam 194 gigabyte.

Untungnya, tidak perlu mendownload seluruh hal untuk mengamati. Sebuah aplikasi online memungkinkan Anda mencari dan memindai seluruh konten gambar sesuka hati seluruh pita galaksi seperti yang terlihat dari Bumi.

Observasi selama 5 tahun meliputi area 1.323 derajat persegi petak langit seluas 6.500 kali lebih besar bulan purnama harus dibagi menjadi 268 bagian sebagai sebuah mozaik karena terlalu besar.

Para ilmuwan tidak hanya mencoba membuat gambar cantik, mereka mempelajari apa yang disebut fenomena variabel yaitu perubahan kecerahan bintang dari waktu ke waktu.

Mosaik digital tersedia di situs web http://gds.astro.rub.de dan Anda dapat mengintip sendiri atau memperbesar bintang favorit atau menonton nebula dalam beberapa panjang gelombang cahaya berbeda.

Mempelajari cara bintang mengedipkan mata membantu para astronom mendeteksi planet-planet atau bintang lain yang lewat di depannya karena gerakan orbit mengubah kecerahan bintang host.

"Area yang kami amati begitu besar bahwa kita harus membagi menjadi 268 bagian," kata Rolf Chini of the Ruhr-Universität Bochum di Jerman.
The Bochum Survey of the Southern Galactic Disk: II. Follow-up measurements and multi-filter photometry for 1323 square degrees monitored in 2010 – 2015

M. Hackstein et al.

Astronomical Notes, 29 JUL 2015, DOI:10.1002/asna.201512195
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment