Tuesday, October 27, 2015

Takdir Ibadah Haji Selesai Menjelang Akhir Abad Ini

Penelitian ~ Timur Tengah terlalu panas dan tidak bisa untuk manusia akhir abad ini. Ibadah haji ditakdirkan selesai beberapa dekade mendatang seiring pemanasan global.

Jika emisi karbon dioksida terus dengan kecepatan saat ini, akhir abad bagian-bagian Teluk Persia terlalu panas meneror tubuh. Ritual agama di mana 2 juta lebih Muslim berdoa dari fajar hingga senja mendapat berkah suhu mematikan.

Indeks panas gabungan tingkat suhu dan kelembaban memukul udara 74 sampai 77 Celcius selama sedikitnya 6 jam setiap hari. Wilayah neraka bahwa tubuh manusia tidak dapat menyingkirkan panas.

Orang tua dan orang sakit paling terkena dampak gelombang panas, tapi masa depan begitu panas bahwa orang sehat dan bugar ikut terpampang dalam daftar kematian pada tahun 2071 hingga 2100.

Para ilmuwan mengetik takdir di papan tulis detik-detik terakhir bagian-bagian pertama di permukaan planet menjadi tungku bara gas yang terjebak di langit memanggang lingkungan terestrial

"Anda dapat pergi ke sauna basah suhu hingga 35 Celsius. Anda dapat menanggung untuk sementara waktu," kata Elfatih Eltahir, meteorolog Massachusetts Institute of Technology.

"Sekarang pikirkan waktu paparan ini diperpanjang dari 6 jam atau lebih setiap hari," kata Eltahir.

Suhu harian di atas 45 Celsius semakin rutin di banyak kota sekitar Teluk Persia beberapa tahun ke depan. Kondisi terik dikombinasi kelembaban semakin tinggi dengan mudah berujung fatal.

Sementara manusia telah ada, Bumi belum terlihat panas berkepanjangan menindas tautan panas dan kelembaban. Tapi geografi dan iklim unik Teluk Persia ditambah pemanasan iklim angka bicara lain.

Jika proyeksi emisi gas yang memerangkap panas terus meningkat pada level saat ini, final kematian datang yang menyegarkan peristiwa tahun 2003 ketika gelombang panas menerjang Eropa menewaskan 70.000 orang.

Abu Dhabi, Dubai, Doha dan Bandar Abbas masih cukup dihuni berkat AC. Tapi bagi orang yang tinggal dan bekerja di luar atau orang-orang tanpa AC keringat sampai kering tidak banyak menyelamatkan.

Sementara Mekkah tidak mengalami kenaikan panas terlalu cepat, tren situasi masih cenderung sama yaitu menyebabkan kematian semakin banyak selama musim ibadah haji tahunan.
Future temperature in southwest Asia projected to exceed a threshold for human adaptability

Jeremy S. Pal & Elfatih A. B. Eltahir

Nature Climate Change, 26 October 2015, DOI:10.1038/nclimate2833
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment