Skip to main content

Ugrunaaluk kuukpikensis, Dinosaurus Paruh Bebek Alaska

Credit: James Havens
Penelitian ~ Dino duck-billed tinggal di musim dingin bersalju. Terpencil, gelap dan salju liar di Alaska, kawanan Ugrunaaluk kuukpikensis muda berparuh bebek mengoceh di lanskap beku.

Unit batuan setebal 0,9 meter yang mengendap 69 juta tahun lalu di pesisir banjir situs Liscomb Bonebed lapisan Prince Creek Formation membungkus ribuan fosil elegan dino paruh bebek muda atau remaja.

Tidak jelas dengan persis bagaimana herbivora hadrosaurid panjang 9,1 meter berkeliaran dalam dingin. Tapi temuan hampir 10.000 tulang individu sebagian besar remaja telah menetapkan rekor baru paling utara.

Para ilmuwan menemukan dunia yang hilang setelah membayar mahal dengan menunggu es mencair, pembersihan landasan pesawat di lahan bersemak, perjalanan perahu karet dan memanjat tebing untuk menggali tulang.

"Ketika bicara tentang dinosaurus, kita berpikir surga tropis. Temuan dinosaurus jauh di utara menantang segala sesuatu tentang fisiologi dinosaurus," kata Greg Erickson, paleobiolog Florida State University.

Credit: Greg Erickson

Geolog perminyakan pertama kali menemukan tumpukan fosil-fosil di Alaska pada tahun 1980 dan tim di University of Alaska melakukan pengalian lanjutan mulai tahun 1990-an.

Meskipun Cretaceous Akhir 69 juta tahun lalu Bumi utara beriklim lebih hangat dan ditutupi pepohonan, Alaska hingga Arktik sekitar 80 lintang utara masih tempat dingin dengan suhu rata-rata 6 derajat Celsius.

Para ilmuwan telah menemukan fosil dino lain di Alaska termasuk jejak kaki herbivora duck-billed ceratopsian yang mencakup triceratops, herbivora bipedal therizinosaurus dan reptil terbang pterosaurus di Denali National Park.

Iklim dingin juga mengarsipkan temuan spektakuler lain seperti fosil burung, mamalia kecil, ikan dan setidaknya 13 spesies dinosaurus berbeda, berdasarkan pada gigi dan kerangka lainnya.

Credit: Greg Erickson

Spesies baru terkait erat Edmontosaurus yaitu jenis lain hadrosaurus yang hidup 70 juta tahun lalu di masa kini Alberta, Montana dan South Dakota. Tapi para peneliti tidak menemukan fosil Edmontosaurus di situs.
A new Arctic hadrosaurid from the Prince Creek Formation (lower Maastrichtian) of northern Alaska

Hirotsugu Mori, Patrick S. Druckenmiller, and Gregory M. Erickson

Acta Palaeontologica Polonica, 22 Sep 2015, DOI:10.4202/app.00152.2015
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.