Friday, September 18, 2015

Cassini Memastikan Samudera Global di Enceladus

Penelitian ~ Wahana ruang Cassini memastikan samudera global di bulan Saturnus, Enceladus. Sebuah lautan cair di bawah lapisan es mengelilingi bulan geologis aktif Enceladus.

Para peneliti menyiapkan baju renang dan kapal selam setelah menemukan sedikit goyangan lapisan es akibat tarikan gravitasi orbit Saturnus bahwa interior tidak solid yang berarti berisi cairan.

Enceladus menyemprotan uap air, partikel es dan molekul organik sederhana dari patahan di dekat kutub selatan yang memberi kecurigaan para ilmuwan bahwa di bawah lapisan es mengandung waduk cair.

"Ini masalah sulit yang memerlukan pengamatan bertahun-tahun dan perhitungan beragam disiplin, tapi kami yakin akhirnya menemukan kebenaran," kata Peter Thomas, astronom Cornell University di Ithaca, New York.

Para ilmuwan meneliti satu satu data 7 tahun Enceladus diambil Cassini yang mengorbit Saturnus sejak 2004. Mereka hati-hati memeta fitur posisi untuk mengukur perubahan rotasi dengan presisi ekstrim.

Enceladus memiliki goyangan kecil, tapi terukur karena bulan dingin tidak bulat sempurna dan berjalan sedikit lebih cepat atau lebih lambat di bagian orbit berbeda sekitar Saturnus.

"Jika permukaan dan core terhubung secara kaku maka bobot mati goyangan lebih kecil dari pengamatan kita," kata Matthew Tiscareno, astronom SETI Institute di Mountain View, California.

Credit: NASA/JPL-Caltech

Temuan memberi beberapa teori yang mungkin bisa membantu menyelesaikan banyak persoalan termasuk gaya pasang surut gravitasi Saturnus menghasilkan lebih banyak panas pada interior Enceladus.

Laporan baru menjadi salah satu kesuksesan besar misi panjang Cassini di Saturnus. Para ilmuwan pertama kali mendeteksi tanda-tanda kemuliaan es bulan di awal tahun 2005.

Serangkaian temuan air mancur hangat dari patahan di dekat kutub selatan disusul bukti kuat keberadaan laut pada tahun 2014 dan pada tahun 2015 para ilmuwan menunjukkan aktivitas hidrotermal.

Cassini dijadwalkan untuk membuat flyby di dekat Enceladus pada 28 Oktober nanti sebagai terbang terendah membanggakan dengan jarak hanya 49 kilometer di atas permukaan.
Enceladus’s measured physical libration requires a global subsurface ocean

P.C. Thomas et al.

Icarus, 11 September 2015, DOI:10.1016/j.icarus.2015.08.037
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment