Wednesday, September 16, 2015

Peradaban Alien Kardashev Tipe III Nihil di Galaksi Dekat

Credit: Danielle Futselaar, ASTRON
Penelitian ~ Peradaban supermaju alien langka atau absen di alam semesta lokal, tetapi jika ada di alam semesta terdekat, mereka menyembunyikan diri dengan cukup baik.

Teleskop baru ultrasensitif mengizinkan para astronom mendeteksi limbah panas yang dipraduga sidik jari peradaban super canggih alien yang memanfaatkan energi begitu besar pada skala output bintang galaksi mereka sendiri.

Pada tahun 1960 astronom Rusia Nikolai Kardashev menteorikan skala kadar peradaban berdasrkan energi yang mereka gunakan sama dengan output planet asal mereka, bintang host atau galaksi host.

Teorama ini kemudian disebut Peradaban Kardashev Tipe III yaitu mendeteksi spektrum gelombang menengah inframerah sebagai emisi produksi limbah panas peradaban super maju pada skala galaksi.

Para astronom menyusun daftar beberapa ratus kandidat galaksi di mana muncul emisi terduga. Tapi masalah datang karena jenis emisi ini juga dapat dihasilkan dari proses astrofisika alami terkait emisi termal dari debu kosmik.

"Penelitian asli di Penn State mengatakan kepada kita bahwa kemunculan ini sangat langka," kata Michael Garrett, astronom ASTRON di Belanda.

"Analisis baru menunjuk peradaban Kardashev Tipe III pada dasarnya tidak ada di galaksi lokal. Berarti Anda bisa tidur dengan aman di tempat tidur, invasi asing tidak tampak sama sekali!" kata Garret.

Garrett menggunakan pengukuran radio terhadap kandidat terbaik galaksi dengan hasil nihil bahwa dunia super canggih absen dan sebagian besar emisi adalah proses astrofisika alami.

Emisi panas tidak berasal dari limbah manufaktur alien, tetapi lebih cenderung dari debu yang dihasilkan dan dipanaskan oleh daerah-daerah pembentukan bintang masif.

Teknik yang diterapkan Garrett juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi peradaban alien kurang canggih yaitu Kardashev Tipe II yang mengontrol sumber daya lebih terbatas pada skala sub-galaksi.

Peradaban Kardashev Tipe II tetap masih jauh lebih maju daripada peradaban manusia sendiri di Bumi yang belum sampai pada skala Kardashev Tipe I tetapi mungkin lebih umum.

"Sedikit khawatir bahwa Peradaban Tipe III tampaknya tidak ada. Ini bukan apa yang kita memprediksi dari hukum-hukum fisika untuk menjelaskan dengan baik alam semesta fisik," kata Garrett.

"Kita kehilangan bagian penting teka-teki sini dan mungkin anomali bahwa peradaban maju begitu hemat energi sehingga produk limbah panas sangat rendah," kata Garrett.

"Pemahaman kita tentang fisika membuat hal ini sulit dilakukan. Tapi terpenting adalah terus mencari tanda tangan intelijen dari luar Bumi sampai kita memahami apa yang sedang terjadi," kata Garrett.

Application of the mid-IR radio correlation to the Ĝ sample and the search for advanced extraterrestrial civilisations

M. A. Garrett

Astronomy & Astrophysics, 15 September 2015, DOI:10.1051/0004-6361/201526687
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment