Tuesday, September 15, 2015

Core Cluster Ekstrim Meludah Bintang Kolosal

Penelitian ~ Cluster raksasa jauh sangat enerjik dengan core tumbuh secara ekstrim mengkonversi gas yang dicuri dari galaksi lain menjadi hujan bintang.

Sebuah cluster duduk di konstelasi Ursa Major seiring menjadi tua karena waktu tidak lusuh menjadi fosil tapi menggila dengan mencuri gas tetangga dan menyelenggarakan manufakturing bintang.

Tim astronom internasional menemukan cluster langka dan galaksi gargantua kolosal terikat gravitasi yang berputar di luar praduga dan memberi kejutan langka tanpa sempat melamun.

Gugus galaksi dengan jantung penuh bintang baru. Teleskop Keck membantu para astronom menentukan jarak cahaya SpARCS104922.6+564032.5 mengambil 9,8 miliar tahun untuk mencapai Bumi.

Tidak lanjut kecurigaan menggunakan NASA Hubble Space Telescope bagaimana episode marah monster besar. Cluster mengandung setidaknya 27 galaksi individu dan memiliki massa total 400 triliun kali Matahari.

Credit: NASA, ESA and NASA/JPL-Caltech

Galaksi dominan di jantung cluster mencuri gas dari galaksi tetangga yang meludah keluar 860 bintang baru per tahun dalam kontras galaksi Bima Sakti melahirkan hanya 1 atau 2 bintang baru per tahun.

Kasus pertama galaksi raksasa tumbuh dengan makan gas yang dicuri dari galaksi lain dan mengamuk dengan membuat bintang baru setelah bergabung dengan galaksi yang lebih kecil.

Merger di pusat cluster juga menghadirkan kantong-kantong gas yang mengembun di mana bintang-bintang baru tersebut terbentuk. Tabrakan antar galaksi kaya gas dengan cepat dikonversi menjadi bintang baru.
An Extreme Starburst in Close Proximity to the Central Galaxy of a Rich Galaxy Cluster at z=1.7

Tracy Webb et al.

arXiv, Submitted on 20 Aug 2015, arXiv:1508.04982
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment