Saturday, September 12, 2015

Novel Buta Ikan Tetra Meksiko Astyanax mexicanus

Credit: H. Zell
Penelitian ~ Ikan gua mengevolusi buta seiring penghematan energi, ikan Tetra Meksiko (Astyanax mexicanus) menghapus mata untuk memotong anggaran energi otak rakus.

Mata harus dibayar sangat mahal. Jika Anda memiliki anggaran sangat terbatas, investasi besar sistem visual hanya berujung pada krisis energi dan ketimpangan anggaran.

Di beberapa titik waktu, sekelompok ikan disucikan dalam gua batu kapur di timur laut Meksiko. Tidak ada jalan keluar, hidup dalam gelap permanen dan hanya kotoran kelelawar untuk makan.

Adaptasi gaya hidup baru terisolasi, memutih karena kehilangan warna-warni pigmentasi kemudian kehilangan penglihatan. Mata bertahap mengecil dan lenyap sama sekali.

Charles Darwin menjalani masa sulit membayangkan mengapa penglihatan mungkin berbahaya bagi hewan yang hidup dalam kegelapan abadi dan mata mahal semena-mena tiada guna.

Hal-hal yang terkait penurunan dramatis ukuran sistem visual meyajikan novel trogloditik bahwa ikan gua buta kehilangan mata dan sebagian besar fungsi otak menjadi teka-teki.

Pekan ini peneliti memberi seberkas cahaya hilangnya sistem visual memotong ikan porsi besar energi dan kunci kelangsungan hidup ketika nenek moyang mereka terdampar.

Ikan gua buta A. mexicanus menyesuaikan dengan lingkungan bawah tanah dengan cara lain. Kemunduran visi berarti mencurahkan porsi lebih banyak untuk bau dan rasa tekanan mekanik sehingga sensitif membaca pergerakan air.

Credit: Damian Moran et al.

Tahun lalu, Damian Moran, biolog Lund University di Swedia, dan rekan melaporkan ikan gua buta kehilangan ritme metabolisme sirkadian siang-malam selama kursus evolusi untuk menghemat 27% energi.

Pekan ini Moran menguji teori lain yang memerintahkan pengurangan penglihatan karena menumbuhkan, merawat mata dan mempertahankan jaringan otak membutuhkan energi jumlah besar.

Secara keseluruhan otak menyumbang 23% untuk penglihatan ikan yang menghuni permukaan dibandingkan 10% ikan buta. Dengan demikian ikan tanpa mata menurunkan total energi visual otak hingga 30%.

"Sistem visual membutuhkan 5% hingga 15% dari total anggaran energi. Ini biaya sangat tinggi!" kata Moran.

Satu pasang paku di peti mati berbagai jenis tekanan evolusi mendorong ukuran otak. Nenek moyang ikan gua menyusutkan otak secara dramatis untuk menghemat energi dan menjamin kelangsungan hidup dalam kelaparan.
The energetic cost of vision and the evolution of eyeless Mexican cavefish

Damian Moran, Rowan Softley and Eric J. Warrant

Science Advances, 11 Sep 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500363
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment