Langsung ke konten utama

Perang Evolusioner Gen Antivirus TRIM5 dan Lentivirus

Penelitian ~ Primata telah terinfeksi virus terkait HIV selama 16 juta tahun. Virus penyebab penyakit bertikai dalam host adalah dua kubu perlombaan senjata evolusioner.

Berbagai virus yang menginfeksi manusia modern adalah alasan yang sah bahwa manusia tidak memiliki keunggulan inovasi adaptasi lebih cepat dalam perlombaan senjata evolusioner.

Virus yang terkait dengan human immunodeficiency virus (HIV) telah menginfeksi monyet Old World sejak 16 juta tahun lalu bahwa mereka menyesuaikan diri dengan versi simian sebelum melompat ke spesies lain.

Seleksi positif untuk gen antivirus meningkatkan vitalitas host dan kelangsungan hidup dimana pada giliranya virus memilih bermutasi untuk menangkal sistem imun antivirus host.

Mutasi adaptif sepenggal wawasan dalam sejarah jauh interaksi host dan virus. Pekan ini laporan sekuen gen antivirus pada monyet Afrika menunjuk silsilah leluhur lentivirus menginfeksi setua primata di Afrika.

"HIV pada manusia adalah hasil SIV yang melompat dari simpanse di Afrika ke manusia. Monyet berurusan begitu lama dengan SIV seperti manusia berurusan dengan virus herpes," kata Welkin Johnson, biolog Boston College.

Lentivirus adalah keluarga besar retrovirus tercakup HIVs dan SIVs. Gen virus di satu kubu dan gen antivirus di kubu lain. TRIM5 adalah bagian dari kelompok gen antivirus yang berevolusi untuk melindungi sel host dari infeksi.

Gen TRIM5 pada monyet beradaptasi untuk melindungi sel dari serangan SIV yang memproduksi protein, tapi versi TRIM5 pada manusia di sisi lain tidak mampu melindungi dari serangan HIV.

Protein TRIM5 berinteraksi langsung dengan kulit luar partikel lentivirus setelah memasuki sel host. Para peneliti berhipotesis evolusi TRIM5 pada monyet Afrika harus mengungkap tongak-tongak inovasi lentivirus juga.

Pohon evolusi gen TRIM5 datang dari protein-coding sekuen DNA lengkap 22 spesies primata Afrika. Sekelompok perubahan adaptif unik protein TRIM5 mencatat perang evolusioner kembali sejauh 11-16 juta tahun lalu.
Evolutionary and Functional Analysis of Old World Primate TRIM5 Reveals the Ancient Emergence of Primate Lentiviruses and Convergent Evolution Targeting a Conserved Capsid Interface

Kevin R. McCarthy, Andrea Kirmaier, Patrick Autissier, Welkin E. Johnson

PLoS Pathogens, August 20, 2015, DOI:10.1371/journal.ppat.1005085

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…