Skip to main content

Vokalisasi Konteks Bonobo Akar Evolusi Bahasa Tua

Credit: Zanna Clay/Lui Kotale Bonobo Project
Penelitian ~ Vokalisasi fleksibel bonobo liar menunjuk kesamaan dengan perkembangan bahasa manusia, Pan paniscus mencicit dengan mengisi konteks.

Bonobo (Pan paniscus) individu mencicit di berbagai situasi positif, negatif dan netral seperti selama makan, wisata, istirahat, agresi, alarm, bersarang dan pengasuhan.

Fleksibilitas fungsional bahasa mewakili transisi evolusioner penting dari vokalisasi yang tampaknya muncul 10 hingga 6 juta tahun lalu dari garis leluhur bersama antara manusia dan kera besar.

Mencicit adalah vokalisasi bernada tinggi dan durasi pendek yang diproduksi dengan mulut tertutup. Manusia menghasilkan vokalisasi dalam berbagai emosi dan situasi sebagai salah satu faktor dalam pengembangan bahasa.

"Ketika saya melihat dalam lingkungan asli di Kongo, saya dikejutkan suara cicit dengan banyak konteks berbeda," kata Zanna Clay, kognisian University of Neuchatel di Swiss.

"Ini menjadi jelas bahwa kita tidak bisa selalu membedakan setiap cicit berdiri sendiri, kita butuh memahami konteks untuk sampai ke akar komunikasi mereka," kata Clay.

Bonobo menyuarakan vokal dengan situasi tertentu bahwa evolusi komunikasi memindahkan garis pemisah lebih dekat antara manusia dengan para kerabat terdekat kera lainnya.

Kesamaan luas struktur akustik dalam konteks berbeda menunjukkan fleksibilitas komunikasi. Mirip bayi manusia yang harus membuat kesimpulan pragmatis tentang makna panggilan dari konteks.

"Terlalu dini menyimpulkan bahwa kemampuan ini adalah keunikan manusia karena sekarang semakin terlihat lebih kesamaan hewan dan manusia," kata Clay.
Functional flexibility in wild bonobo vocal behaviour

Zanna Clay1,2 et al.
  1. School of Psychology, University of Birmingham, Birmingham, UK
  2. Department of Comparative Cognition, Institute of Biology, University of Neuchatel, Neuchatel, Switzerland
PeerJ, August 4, 2015, DOI:10.7717/peerj.1124

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…