Wednesday, August 5, 2015

Vokalisasi Konteks Bonobo Akar Evolusi Bahasa Tua

Credit: Zanna Clay/Lui Kotale Bonobo Project
Penelitian ~ Vokalisasi fleksibel bonobo liar menunjuk kesamaan dengan perkembangan bahasa manusia, Pan paniscus mencicit dengan mengisi konteks.

Bonobo (Pan paniscus) individu mencicit di berbagai situasi positif, negatif dan netral seperti selama makan, wisata, istirahat, agresi, alarm, bersarang dan pengasuhan.

Fleksibilitas fungsional bahasa mewakili transisi evolusioner penting dari vokalisasi yang tampaknya muncul 10 hingga 6 juta tahun lalu dari garis leluhur bersama antara manusia dan kera besar.

Mencicit adalah vokalisasi bernada tinggi dan durasi pendek yang diproduksi dengan mulut tertutup. Manusia menghasilkan vokalisasi dalam berbagai emosi dan situasi sebagai salah satu faktor dalam pengembangan bahasa.

"Ketika saya melihat dalam lingkungan asli di Kongo, saya dikejutkan suara cicit dengan banyak konteks berbeda," kata Zanna Clay, kognisian University of Neuchatel di Swiss.

"Ini menjadi jelas bahwa kita tidak bisa selalu membedakan setiap cicit berdiri sendiri, kita butuh memahami konteks untuk sampai ke akar komunikasi mereka," kata Clay.

Bonobo menyuarakan vokal dengan situasi tertentu bahwa evolusi komunikasi memindahkan garis pemisah lebih dekat antara manusia dengan para kerabat terdekat kera lainnya.

Kesamaan luas struktur akustik dalam konteks berbeda menunjukkan fleksibilitas komunikasi. Mirip bayi manusia yang harus membuat kesimpulan pragmatis tentang makna panggilan dari konteks.

"Terlalu dini menyimpulkan bahwa kemampuan ini adalah keunikan manusia karena sekarang semakin terlihat lebih kesamaan hewan dan manusia," kata Clay.
Functional flexibility in wild bonobo vocal behaviour

Zanna Clay1,2 et al.
  1. School of Psychology, University of Birmingham, Birmingham, UK
  2. Department of Comparative Cognition, Institute of Biology, University of Neuchatel, Neuchatel, Switzerland
PeerJ, August 4, 2015, DOI:10.7717/peerj.1124
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment