Wednesday, August 5, 2015

Bintang Neutron PSR J1023+0038 Kontes Mode Jet

Credit: ICRAR
Penelitian ~ Bintang neutron rival lubang hitam dalam memproduksi jet, bintang neutron menyaingi lubang hitam ketika mempercepat material jet kuat hampir kecepatan cahaya.

Bintang super merebut kedudukan lubang hitam dalam kontes jet, sebuah bintang super padat yang terbentuk setelah ledakan supernova meludah material jet spektakuler ke ruang angkasa.

Sebuah tim astronom menemukan ledakan jet kuat keluar dari sistem biner PSR J1023+0038 yang sebelumnya berpikir satu-satunya objek di alam semesta yang mampu membentuk jet kuat adalah lubang hitam.

Pada tahun 2009 astronom menemukan PSR J1023+0038 mengandung bintang neutron yaitu mayat bintang sangat padat dalam mode orbit sangat dekat dengan bintang pendamping normal.

Tapi ketika tim peneliti menggunakan teleskop radio Very Large Array di Amerika Serikat pada tahun 2013 dan 2014 mereka menyadari bintang memproduksi jet lebih kuat.

"Gas mengalir dari pendamping ke neutron menampilkan ledakan yang memproduksi jet kecepatan cahaya," kata Adam Deller, astronom Netherlands Institute for Radio Astronomy (ASTRON).

Credit: ICRAR

Bintang neutron PSR J1023+0038 bermassa satu setengah kali Matahari tapi hanya berdiameter 10-15 kilometer. Sangat padat. Jet terbentuk sama kuat seperti yang diharapkan dari sebuah lubang hitam.

"Mereka terbentuk ketika sebuah bintang besar kehabisan bahan bakar dan menjadi supernova, bagian tengahnya runtuh oleh gravitasi sendiri," kata James Miller-Jones, astronom Curtin University.

Dalam sistem biner ekstrim bintang neutron mengorbit bintang pendamping normal, gas mengalir dari pendamping ke objek kompak dalam ketukan ledakan material dengan kecepatan cahaya.

Paradigma umum bahwa lubang hitam adalah raja yang tak perlu risau sumber daya untuk membuat jet kuat. Bahkan ketika hanya menggigit sejumlah kecil material, emisi radio yang menelusuri aliran jet sangat mencolok.

"Tapi pengamatan kami menunjukkan jet bintang neutron hampir sama kuat dengan sebuah lubang hitam," kata Deller.
Radio imaging observations of PSR J1023+0038 in an LMXB state

A. T. Deller, J. Moldón, J. C. A. Miller-Jones, A. Patruno, J. W. T. Hessels, A. M. Archibald, Z. Paragi, G. Heald, N. Vilchez

arXiv, last revised 28 Jul 2015, arXiv:1412.5155
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment