Skip to main content

Jika Beruang Melihat UFO Terbang di Langit

Penelitian ~ Jika suatu benda terbang tak dikenal tiba-tiba muncul di langit, kemungkinan detak jantung Anda balapan seperti mau meletus. Jika tidak cukup, Anda mungkin lari.

Beruang ternyata tidak begitu berbeda, mereka bereaksi dengan cara ini. Para ilmuwan tidak benar-benar tertarik pada bagaimana hewan bereaksi terhadap alien.

Tapi mereka khawatir apa yang terjadi ketika hewan menemukan sebuah benda terbang tak dikenal karena drone semakin digunakan untuk mempelajari dan memantau satwa liar.

Tapi jika drone membuat stres atau berbahaya terhadap hewan, maka para ilmuwan memiliki masalah. Ini salah satu alasan US National Park Service melarang penggunaan drone di taman-taman nasional.

Sebuah pesawat terbang tak berawak membuat kawanan domba berhamburan yang memisahkan ibu dan anak. Jadi Mark Ditmer, konservasionis University of Minnesota di St. Paul, dan rekannya menguji reaksi 4 beruang hitam.

Credit: Jessie Tanner

"Beberapa paku di jantung beruang jauh melampaui apa yang kami prediksi," kata Ditmer.

Dalam 18 tes mereka menerbangkan quadcopter kecil 20 meter di atas beruang dan kemudian mencatat apa yang terjadi. Beruang pasti mengambil kewaspadaan terhadap pesawat tak berawak.

Denyut jantung meroket ketika UAV terbang di atas kepala dan respon stres lebih kuat ketika quadcopter terbang dalam kondisi berangin dengan suara semakin mendekat.

"Kami memiliki satu beruang dengan denyut jantung meningkat 400 persen. Perlu diingat ini adalah respon terkuat yang kita lihat," kata Ditmer.

Credit: Jessie Tanner

Para peneliti melengkapi beruang bebas berkeliaran di barat laut Minnesota dengan GPS satelit Iridium dan biologger jantung yang mengirim email lokasi masing-masing beruang setiap 2 menit.

"Drone memiliki potensi luar biasa untuk penelitian ilmiah dan alat untuk konservasi. Tapi kita tahu apakah spesies toleran, apakah hewan bereaksi terhadap kehadiran," kata kata Ditmer.
Bears Show a Physiological but Limited Behavioral Response to Unmanned Aerial Vehicles

Mark A. Ditmer1 et al.
  1. Department of Fisheries, Wildlife & Conservation Biology, University of Minnesota, St. Paul, MN 55108, USA
Current Biology, August 13, 2015, DOI:10.1016/j.cub.2015.07.024

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…