Thursday, August 27, 2015

Bakteri Debu Mengungkap Demografi Rumah Tangga

Penelitian ~ Bakteri dalam debu rumah mencerminkan siapa yang mendiami. Jutaan bakteri dan jamur hidup di dalam rumah adalah warna kepribadian Anda.

Mikroba di rumah tahu semua rahasia. Bakteri di kusen pintu memberi petunjuk berapa laki-laki dan perempuan tinggal di sebuah rumah dan jenis hewan peliharaan yang dimiliki.

Setiap hari kita dikelilingi sejumlah organisme yang sebagian besar tidak bisa dilihat. Manusia hidup di kebun binatang dan penelitian baru menulis katalog keberagaman bakteri.

Tiada guna menutupi orang ke tiga di dalam rumah tangga karena mikroorganisme merekam semua kejadian dan peristiwa siapakah dia yang menginap tadi malam.

Debu rumah tangga penuh organisme yang sudah ditentukan berdasarkan letak dan orang yang tinggal di dalamnya mencakup beberapa wahyu mengejutkan kehidupan paling rahasia.

Para peneliti tahu apakah rumah memiliki anjing atau kucing dengan akurasi 92-83 persen bahwa hewan peliharaan memiliki pengaruh kuat pada keragaman bakteri dalam debu rumah tangga.

Debu mengungkap geografi, rasio jenis kelamin dan jenis hewan peliharaan penghuninya. Temuan baru menjadi paku bagi para staf forensik untuk mengembangkan teknik baru pemecahan kejahatan.

Penghuni laki-laki cenderung menumpahkan lebih banyak Corynebacterium, Dermabacter dan Roseburia. Penghuni perempuan lebih banyak menghadirkan bakteri vagina Lactobacillus.

Para peneliti meminta penghuni 1200 rumah di seluruh Amerika Serikat menyeka sampel debu di pintu. Kemudian sekuensing DNA dan pencitraan teknologi tinggi untuk menganalisis ekologi.

Jamur dalam ruangan sebagian besar berasal dari luar rumah sehingga lokasi geografis adalah prediktor jamur, tapi bakteri datang dari penghuni sendiri termasuk manusia, hewan peliharaan dan bahkan serangga.

"Jika Anda ingin mengubah tipologi jamur di rumah, maka cara terbaik adalah pindah ke rumah berbeda, sebaiknya berjauhan," kata Noah Fierer, enviromentalis University of Colorado di Boulder.
The ecology of microscopic life in household dust

Albert Barberán et al.

Proceedings of the Royal Society B, 26 August 2015, DOI:10.1098/rspb.2015.1139
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment