Tuesday, August 25, 2015

Lidah Burung Kolibri Adalah Pompa Mikro Aktif

Penelitian ~ Lidah kolibri seperti pompa mikro. Sebuah cara baru dalam melihat lidah terutama sepanjang pompa ramping menjawab teka-teki ratusan tahun.

Bagaimana nektar naik melalui alur khusus telah menjadi perdebatan hidup sejak tahun 1830-an. Ornitolog berasumsi kolibri minum atas tindakan kapiler, proses pasif cairan naik ke dalam tabung sempit karena kesenjangan internal.

Konsensus umum kapiler adalah kekuatan pipa panjang dan tipis. Air melakukan perjalanan melalui ruang sempit tanpa kekuatan apapun. Para ilmuwan berpikir paruh panjang dan alur sempit lidah kolibri melakukan prestasi yang sama.

Sekarang kamera kecepatan tinggi menghentikan pemikiran panjang dengan menunjuk lidah sebenarnya bekerja sebagai micropump elastis aktif. Struktur lidah runtuh selama melintasi ruang antar ujung paruh dan reservoir nektar

"Lidah burung kolibri dapat mencuat panjang sama dengan paruhnya yang berujung dengan 2 tabung tipis panjang atau alur. Lidah adalah micropump," kata Alejandro Rico-Guevara, biolog University of Connecticut.

Pada dasarnya segala sesuatu adalah relatif. Alur runtuh berangsur-angsur pulih seperti mengisi nektar dalam suatu peristiwa yang amat singkat karena seluruh aksi berlangsung sepersepuluh detik.




Hummingbird tongues are elastic micropumps

Alejandro Rico-Guevara et al.

Proceedings of the Royal Society B, 19 August 2015, DOI:10.1098/rspb.2015.1014
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment