Friday, August 21, 2015

Prometheus dan Pandora Segel Cincin F Saturnus Tetap Tipis

Penelitian ~ Satelit membuat Cincin F Saturnus tetap tipis. Misteri di balik asal-usul paling aneh cincin Saturnus dan 2 bulan gembala mungkin diselesaikan.

Cincin utama Saturnus cukup terang dan Anda hanya perlu teleskop kecil untuk menonton. Tapi di luar orbit duduk Cincin F. Pita begitu samar seperti siluet dan butuh pesawat ruang angkasa untuk berkunjung ke tempat.

Pematang kecil hanya selebar 100 kilometer di tepi luar cincin selebar 3400 kilometer planet gas raksasa tetap tipis berkat tarikan gravitasi 2 bulan yang mempertahankan struktur cincin.

Wahana NASA Pioneer 11 melihat komedi putar samar selain Cincin A, B dan C mengitari Saturnus. Tenunan pita terus bergeser dari material es setiap jam pada tingkat kompleksitas luar biasa.

Bidadari harus menyusuri tikungan berliku dan gumpalan terang memberi ilusi rambut panjang yang dikepang ke kiri dan ke kanan. Estimasi sebelumnya menunjuk Cincin F berumur hanya beberapa juta tahun.

Bulan Prometheus dan Pandora adalah 2 dari 60 bulan terikat Saturnus yang mengapit Cincin F di kedua sisi dari dalam dan dari luar. Keduanya menggiring kawanan partikel es dengan cara misterius.

Teori sebelumnya menyarankan tabrakan 2 bulan rapuh menciptakan Cincin F. Ting berevolusi, partikel es mengelompok bersama, tumpukan puing akhirnya bergerak ke luar, menabrak satu sama lain dan membentuk bulan.

Credit: NASA/JPL/Space Science Institute

"Hanya sedikit studi telah dilakukan dan tidak ada yang menganggap asal-usul cincin F dan bulan gembala pada saat yang sama," kata Keiji Ohtsuki, planetolog Kobe University di Jepang.

Sebaliknya, simulasi komputer menampilan gravitasi pas de trois muncul setelah pukulan 2 bulan dan sebagian hancur sama lain, memuntahkan material dan terpahat gravitasi dalam pita sempit.

"Inilah sebabnya mengapa cincin tetap sebagai cincin," kata Ohtsuki.

Jika benar skenario ini mungkin terjadi di tempat lain di Tata Surya dan bahkan seluruh galaksi. Dua bulan gembala melahirkan cincin serupa mengelilingi banyak dunia raksasa.

"Tata surya kita memiliki bulan gembala di kedua sisi cincin epsilon cincin di sekitar Uranus," Ryuki Hyodo, planetolog Kobe University di Jepang.
Saturn’s F ring and shepherd satellites a natural outcome of satellite system formation

Ryuki Hyodo1,2 and Keiji Ohtsuki1
  1. Department of Planetology, Kobe University, Kobe 657-8501, Japan
  2. Institut de Physique du Globe de Paris, Paris 75005, France
Nature Geoscience, 17 August 2015, DOI:10.1038/ngeo2508
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment