Tuesday, August 11, 2015

Exo-Asteroid Trojan Samar Mengintai Exoplanet

Penelitian ~ Kepler melihat sidik jari asteroid mengejar planet di dekat bintang-bintang lainnya bahwa exo-asteroid juga mengintai dengan cara sama di Tata Surya.

Meskipun belum ada asteroid ditemukan di sistem exo-solar, analisis pengamatan data wahana NASA Kepler menunjuk bayangan kehadiran Trojan di dunia lain.

Para sstronom tidak menemukan exo-Trojan, mungkin karena mereka begitu samar. Tapi Kepler melihat dip objek mencurigakan ketika planet berenang di depan cahaya bintang.

Di Tata Surya, Trojan menetap dalam oasis tenang gravitasi. Titik-titik Lagrange mendahului dan mengikuti sebuah planet dalam lingkaran stabil Matahari sebagai konsekuensi perimbangan antar kekuatan planet-planet dan bintang.

Jupiter dengan massa raksasa tuan rumah paling banyak Trojan, tapi asteroid serupa juga telah terlihat di sekitar Neptunus, Uranus, Mars dan bahkan Bumi. Para ilmuwan berharap Trojan harus mengapit planet di sistem exo-solar.

Asteroid harus memblokir beberapa kecerahan meskipun tidak banyak. Berkas cahaya sekitar 2 bagian per juta bagian orbit di mana titik-titik Lagrange diharapkan duduk.

Peredupan cocok di sekitar masing-masing bintang dengan radius 970 kilometer atau badan yang lebih kecil ditambahkan, meskipun hasilnya juga konsisten dengan banyak planet tanpa Trojan sama sekali.

"Dalam perkiraan sama seperti kita di dekat Jupiter," kata Daniel Angerhausen, astronom Goddard Space Flight Center di Maryland.

Trojan umum ditemukan di dekat planet dengan orbit lebih lama dari 60 hari Bumi. Menemukan exo-Trojan dapat membantu para ilmuwan memahami bagaimana planet raksasa bergerak dalam sistem.

"Mereka cukup banyak. Anda dapat menekan dari bongkahan data Kepler," kata Angerhausen.

Tapi konfirmasi harus menunggu karena wahana penerus Kepler masih dalam instalasi di European Space Agency yang merencanakan menerbangkan PLATO pada tahun 2024.
A statistical search for a population of Exo-Trojans in the Kepler dataset

Michael Hippke, Daniel Angerhausen

arXiv, Submitted on 3 Aug 2015, arXiv:1508.00427
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment