Wednesday, July 29, 2015

Data Baru LHCb Tembak Jatuh Teori Supersimetri

Penelitian ~ Pukulan baru bagi teori futuristik supersimetri untuk anatomi dasar alam semesta, para ilmuwan mendeteksi kemolekan aktivitas subatomik konsisten model standar.

Data baru tumbukan kecepatan ultra-tinggi proton di Large Hadron Collider (LHC) menunjuk kecantikan bottom quark berperilaku seperti yang diprediksi model standar fisika partikel.

Upaya sebelumnya untuk mengukur transformasi langka partikel eksotis beauty quark memberi hasil bertentangan sehingga para ilmuwan harus mengusulkan penjelasan di luar Model Standar, mungkin supersimetri.

Tapi pengamatan terbaru mesin pasca-upgrade sepenuhnya konsisten dengan Model Standar dan meredam kebutuhan wahyu alternatif dikenal sebagai Supersimetri (SUSY).

"Sangat menarik jika Anda bisa menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan Model Standar. Saya tidak dapat menyangkal menjadi sensasional," kata Guy Wilkinson, kepala eksperimen LHCb.

Model Standar adalah arus utama semua partikel dasar yang membentuk materi dan kekuatan yang mengaturnya. Tapi model memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menjelaskan materi gelap.

Materi gelap membentuk 95 persen material alam semesta yang tidak kompatibel dengan teori Relativitas Umum Einstein. Gaya gravitasi tampaknya tidak bekerja di skala kuantum subatomik.

Supersimetri adalah salah satu alternatif diusulkan para ilmuwan untuk menjelaskan inkonsistensi, mendalilkan adanya saudara berat untuk setiap partikel di alam semesta untuk mengurai materi gelap dan energi gelap.

Tapi tidak ada bukti turunan supersimetrik yang ditemukan di LHC. Semua partikel tetap didalilkan Model Standar termasuk pencarian panjang Higgs boson yang menganugerahi massa.

Supersimetri memprediksi keberadaan setidaknya 5 jenis Higgs boson, sejauh ini hanya satu ditemukan sebagai Model Standar Higgs. Tapi terlalu cepat untuk menghapus teori supersimetri.

"Sangat sulit membunuh supersimetri. Banyak kepala raksasa," kata Wilkinson.

"Tapi jika tidak ada yang terlihat dalam beberapa tahun mendatang, supersimetri berada dalam situasi sangat sulit. Jumlah pengikut sejati akan turun," kata Wilkinson.

Quark adalah partikel paling dasar, blok bangunan dari proton dan neutron, yang pada gilirannya ditemukan dalam atom. Ada 6 jenis quark paling umum yaitu "up" dan "down", sementara yang lain "charm", "strange", "bottom" dan "top."

Mesin LHC secara bertahap ditingkatkan. Pada bulan April setelah upgrade 2 tahun meningkatkan kekuatan dari 8 teraelectronvolts (TeV) sampai 13 TeV dan potensi menjadi 14 TeV.
Determination of the quark coupling strength |Vub| using baryonic decays

The LHCb collaboration

Nature Physics, 27 July 2015, DOI:10.1038/nphys3415
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment