Saturday, July 25, 2015

Ayam Jantan Pangkat Tertinggi Hak Berkokok Pertama

Penelitian ~ Gallus gallus domesticus jantan berkokok berdasarkan urutan senioritas. Ayam top alpha mengumumkan fajar sementara junior sabar menunggu giliran.

Ayam yang paling dominan dalam kelompok selalu yang pertama mengumumkan Matahari. Ayam jantan hidup ketat dalam hirarki linear di mana pangkat tertinggi mengumumkan subuh pertama.

Selama ribuan tahun semua manusia akrab dengan panggilan pertama pra-fajar ayam jantan segera setelah itu diikuti oleh ayam yang lain dalam jarak pendengaran.

"Ayam peringkat teratas selalu mulai berkokok pertama, diikuti oleh bawahan dalam urutan peringkat sosial," kata Takashi Yoshimura, zoolog Nagoya University.

"Ketika ayam peringkat teratas secara fisik tidak hadir di dalam kelompok, ayam peringkat kedua memprakarsai berkokok," kata Yoshimura.

Burung adalah hewan sangat sosial dan hirarki, ketika bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya dengan cepat diselesaikan secara jantan berdasarkan urutan kekuasaan dengan perkelahian.

Ayam dominan kemudian menikmati akses istimewa untuk makanan, kawin dan tempat bersarang. Berkokok menjadi sarana mengiklankan wilayah dan membatasi risiko yang berpotensi agresif.

"Di sini kami menunjukkan ayam peringkat atas juga memiliki prioritas menentukan waktu berkokok menjelang fajar dan bawahan taat," kata Shimmura.

Shimmura dan rekan menempatkan ayam jantan dalam kelompok dalam membangun hirarki dari jumlah kemenangan dan kekalahan sparing, kemudian dipisah ke dalam kandang individu untuk mengamati perilaku berkokok.

Laporan sebelumnya menunjukkan waktu berkokok dikendalikan oleh jam biologis atau sirkadian jam internal dimana ayam berpangkat rendah juga memiliki.

Waktu mulai berkokok oleh ayam berpangkat tertinggi bervariasi dari hari ke hari, tetapi kokok ayam jantan peringkat bawah selalu dimulai tepat setelah kokok ayam peringkat tertinggi.

"Ayam jantan bawahan menekan ritme alami mereka sendiri dan cukup sabar menunggu ayam peringkat tertinggi pertama berkokok setiap pagi," kata Yoshimura.

"Ayam jantan bawahan berkompromi dengan jam sirkadian mereka sendiri untuk alasan sosial," kata Yoshimura.
The highest-ranking rooster has priority to announce the break of dawn

Tsuyoshi Shimmura1,2 et al.
  1. Laboratory of Animal Physiology and Division of Seasonal Biology, National Institute for Basic Biology, Okazaki, Aichi 444-8585
  2. Department of Basic Biology, SOKENDAI (The Graduate University for Advanced Studies), Miura, Kanagawa 240-0193, Japan
Scientific Reports, Jurnal, Tanggal, DOI:10.1038/srep11683
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment